Generasi Muda Harus Tahu Sejarah Bangsanya

Triana Wulandari bersama Ketua Umum dan Sekjend Gerakan Nusantara Berkemajuan

Jakarta, Teropongmetro.com – Generasi muda Indonesia harus memahami sejarah, hingga mengetahui bagaimana perjuangan berdirinya negara tercinta ini. Sejarah adalah cerita masa silam yang menjadi refleksi menentukan masa depan. Oleh karena itu, setiap bangsa dan negara punya sejarah penting yang menjadi tonggak berdirinya sebuah bangsa dan negara. Begitu pula bangsa Indonesia, dalam konteks bernegara, sejarah sangatlah penting.

Bahwa banyak peradaban dan budaya yang begitu menawan di Indonesia namun hanya mendapat sedikit perhatian dan seakan perlahan di lupakan sejarah, terutama dikalangan anak muda Indonesia sendiri, yang tidak lagi begitu memahami dan menggali sejarah peradaban dan budayanya. Demikian pesan inti Ketua Umum Gerakan Nusantara Berkemajuan, Ikhwan Syah Nasution, Senin (01/01/2018).‎

“Penting juga diposisikan, bagaimana agar anak muda selain memahami sejarah bangsa, juga dapat membuat sejarah sendiri, agar menjadi kebanggaan bagi sekolah, keluarga dan bangsa. Bagaimana agar Sejarah juga dapat menumbuhkan nasionalisme dan pemahaman pancasila sebagai ideologi NKRi. Misalnya rentetan sejarah yang terjadi sebelum dan sesudah kemerdekaan, masih banyak anak muda yang tidak mengetahuinya dan itu sangat memprihatinkan,” ucap Ikhwan.

Dilain pihak, Direktur Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dra.Triana Wulandari, MSi, juga menyampaikan hal yang sama, “Generasi muda di harapkan dapat mewarisi, meneladani serta melestarikan sejarah peradaban bangsa indonesia,” ujarnya.

Koordinator regional wilayah timur Indonesia untuk gerakan nusantara berkemajuan, Lizi Ibnu Abdullah menyambut baik inisiasi ini, mengingat peran serta kelompok masyarakat dari semua daerah sangat menentukan dalam merebut kemerdekaan republik ini. Khususnya wilayah timur yang kaya akan sejarah patriotisme perjuangan bangsa. serta berharap bisa mengoptimalkan implementasi program kawasan timur karena banyak hal-hal yang menarik yang perlu digali atas sejarah partipasi masyarakat timur dalam turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan republik ini.

Hal yang sama juga disampaikan sekjend Gerakan Nusantara Berkemajuan Bob Febrian, “Menurutnya, penting mengetahui sejarah bangsa, karena sejarah perjuangan dan partisipasi kebangsaan masyarakat timur indonesia harus lebih disosialisasikan sebagai upaya membangun semangat kebangsaan kaum muda dikawasan timur. Bahwa timur juga punya dinamika perjuangan dan tokoh-tokoh sendiri dalam memperkuat kedaulatan negara Indonesia seperti Trikora”.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here