Lazismu Pare-Pare Serukan Warga Shalat Gerhana Bulan

Sekretaris Lazismu Pare-Pare, Saiful amir

Teropongmetro.com – Umat manusia selalu dituntun oleh Allah Swt dan Rasulullah Saw untuk menyikapi segala peristiwa dengan mawas diri dan Muhasabah.

Diantara kejadian besar yang menjadi tanda kebesaran Allah SWT adalah Gerhana Bulan. Dimana Nabi Muhammad SAW menganjurkan Setiap muslim yang menyaksikannya dengan melakukan berbagai ibadah diantaranya Shalat Khusuf (Gerhana Bulan), banyak dzikir, berdoa,istigfar dan bersedekah.

“Sesuai dengan maklumat dari Kementerian Agama RI melalui press realeasenya menetapkan hari Rabu 31 Januari 2018 pukul 20.00 Wita yang dituangkan dalam surat B.156/DJ.III/HM.01/01/2018. Serta Maklumat PP Muhammadiyah Majelis Tarjih dan Tajdid dengan nomor : 01/MLM/I.I/ A/2018 menetapkan bahwa seluruh wilayah Indonesia akan mengalami Gerhana Bulan” Kata Saiful Amir, Sekretaris Lazismu Pare-Pare, Selasa (30/1).

Berkaitan dengan hal tersebut menurut Sekretaris Lazismu Kota Parepare Saiful Amir mengungkapkan Lazismu menggelar Shalat Gerhana Bulan yang di pusatkan di Masjid Tarbiyah Lontangnge jln Lasinrang Kota Parepare.

Hadir sebagai Penceramah KH A.Djamaluddin Patombongi,M.Pd (Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muslimun Sidrap) Dan Imam Ust Zulfajar, S.Kom.I (Imam Masjid Agung Kota Parepare ).

“Adapun prosesi dimulai dengan Shalat Magrib berjamaah dilanjutkan Taushiyah, lalu Shalat Isya, pas Pukul 20.00 Wita akan dilaksanakan Shalat Sunnah 2 Rakaat Gerhana Bulan. Dan di Lanjutkan dengan Khutbah Singkat Gerhana yang akan disampaikan oleh Dr.H.Mahsyar Idris,M.Ag (Dosen STAIN Parepare sekaligus Anggota Majelis Tarjih PWM Sulsel)”, Paparnya.

Tujuan kegiatan ini selain menghidupkan Sunnah yang banyak dilalaikan Umat, juga sebagai sarana untuk mengajak warga Parepare untuk bertaubat dan beristigfar agar Kota Parepare dijaga dan dihindarkan dari musibah dan bencana.

Lazismu mengajak kepada sulruh komponen masyarakat di Kota pare-pare baik internal Persyarikatan Muhammadiyah dari unsur PDM sampai PCM dan Ortomnya serta Pengurus Masjid Tarbiyah Lontangnge. Semoga ini menjadi Momentum untuk Melakukan Muhasabah dan Instrospeksi diri dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar berkah-Nya Turun kepada kita semua.

“Selain di Masjid Tarbiyah, Shalat Gerhana Bulan juga dilangsungkan Di Masjid Darul Ilmi Universitas Muhammadiyah Parepare. Yang diikuti oleh seluruh civitas akademika Umpar”, tutupnya. (Ra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here