Kaldu Kokot, Warisan Kuliner Unik Khas Sumenep

Kaldu Kokot Khas Sumenep

Teropongmetro.com – Pulau Madura menyimpan berbagai kekayaan kuliner yang sungguh sayang jika tak pernah dicicipi. Kebanyakan memang berbahan dasar daging sapi. Selain soto dan satenya, Madura juga punya makanan khas bernama Kaldu Kokot. Kaldu kokot ini merupakan makanan tradisional khas asli dari Sumenep.

Kabupaten Sumenep selain memiliki banyak ikon wisata yang tengah berkembang dan mulai dikenal masyarakat luas hingga manca negara, juga memiliki ikon kuliner khas yang sangat menarik. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai ikon-ikon wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura. Kali ini, giliran kuliner khasnya yang akan kami kulik.

Makanan khas suatu daerah selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Kekayaan kuliner adalah salah satu keunggulan dari suatu daerah, karena kuliner adalah salah satu kekayaan budaya yang diwariskan dari para leluhur.

Kaldu kokot. Mendengar namanya mungkin anda merasa asing. Tentu saja, karena nama kaldu kokot sendiri berasal dari bahasa lokal Sumenep atau bahasa Madura. Kokot sendiri artinya adalah kikil yang berasal dari bagian kaki sapi. Namun kaldiu kokot biasanya juga menyertakan jeroan, sumsum atau bagian lainnya dari sapi.

Yang menarik dari masakan khas ini adalah penggunaan kacang hijau sebagai campurannya. Kalau bisa dibilang, masakan ini mirip bubur kacang hijau tetapi dalam versi rasa asin gurih dan berbumbu. Jadi kaldu kokot sesuai namanya disajikan sebagai mananan berkuah berbahan dasar kacang hijau yang dimasak bersama bumbu-bumbu khas dan dicampur dengan kokot.

Jika anda berkunjung ke Madura khususnya kabupaten Sumenep, jangan sampai melewatkan diri untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Di rumah makan-rumah makan yang menyediakan menu kaldu kokot, biasanya masakan khas ini akan disajikan dengan pelengkap seperti taburan bawang goreng, perkedel singkong dan kerupuk yang dapat menambah selera makan semakin meningkat.

Kaldu kokot, menu ini mungkin menjadi menu yang paling cocok untuk disajikan di tengah-tengah keluarga. Menurut Sabarudiin, seorang pemuda asal Sumenep, kaldu kokot memang selalu menjadi masakan pilihan yang paling digemari masyarakat Sumenep. (TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here