Utang Negara Meroket, APBN Makin Tercekik

0
164
Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan.

Teropongmetro.com, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan menegaskan, naiknya utang pemerintah yang tembus Rp 4.0348 triliun sudah pasti berdampak pada perekonomian nasional.

Tak hanya itu, menurutnya, lambat laun utang tersebut tentu akan menganggu daya dukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Utang sudah pasti jadi beban APBN. Lebih-lebih setelah berakhirnya program Pengampunan Pajak dan realisasi pendapatan pajak yang masih terus melenceng dari target,” kata Heri kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/3/2018)

Selain itu, menurutnya lagi, tembusnya utang diangka Rp 4.000 triliun juga akan meningkatkan beban jatuh tempo pembayaran utang yang semakin besar.

“Lebih-lebih utang tersebut didominasi ULN (utang luar negeri) berjangka panjang. Seperti, di tahun 2018 nanti beban utang mencapai Rp 390 triliun. Tahun 2019 akan ada dikisaran Rp 420 triliun. Dan, jika ditotal utang akan mencapai Rp 810 triliun. Ini kan terus jadi beban APBN,” pungkas politikus Partai Gerindra itu.(TS/TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here