Diplomasi Budaya, Nadjamudin Ramli : Sebagai Alat Untuk Memperlihatkan Tingkat Peradaban Suatu Bangsa

Ikhwan syah nasution, Nadjamuddin Ramly (direktur warisan dan diplomasi budaya), Bob Febrian, Senin (26/3).

Teropongmetro.com – Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam hal kebudayaan, pemerintah perlu memprioritaskan diplomasi budaya sebagai pintu dan pelumas yang dapat memperlancar gerak mesin hubungan antar negara. yang paling penting dalam membangun diplomasi kebudayaan yakni melalui pendidikan, baik itu formal maupun informal atau melalui pertukaran budaya dan pertunjukan.

“Diplomasi kebudayaan merupakan diplomasi yang memanfaatkan aspek kebudayaan untuk memperjuangkan kepentingan nasional dalam percaturan masyarakat internasional, dan diplomasi budaya juga sebagai alat untuk memperlihatkan tingkat peradaban suatu bangsa”, tutur Nadjamuddin Ramly, Direktur warisan dan diplomasi budaya kemendikbud RI saat menerima audiensi Gerakan Nusantara Berkemajuan, di Jakarta, Senin (26/3).

Oleh karena itu, kata dia, setiap kegiatan selalu berimprovisasi untuk menggiatkan diplomasi budaya. Dan untuk bisa sukses melakukan diplomasi budaya, seseorang harus bisa menjadi agen pluralisme positif.

“Diplomasi itu tentang menarik perhatian orang lain, bagaimana membuat orang menyukai Anda. Banyak cara untuk melakukannya. Namun, budaya adalah cara terbaik untuk mengambil hati orang, membuat mereka paham siapa diri Anda, dan segala hal tentang warisan dan budaya Indonesia,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebagai generasi muda yang berkarakter dan berbudaya, tentunya akan menegakkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan ditengah-tengah keterpurukan dalam kehidupan berbangsa, dan berani mengatakan yang benar sebagai karakter warisan budaya bangsa.

Sementara itu, Ikhwan syah nasution, ketua gerakan nusantara berkemajuan sangat berterimakasih atas kesempatan dapat bertukar pikiran dan gagasan dalam menuangkan idenya dalam hal kebudayaan Indonesia. Dan menyatakan kesiapan jika ada kesempatan untuk bekerjasama dalam penyelenggaraaan program.

Diwaktu bersamaan, Bob Febrian, Sekjend gerakan nusantara berkemajuan juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan menyelanggarakan seminar mengenai warisan tak benda kapal pinisi dan semoga dapat kiranya bekerjasama dengan direktorat warisan dan diplomasi budaya Kemendikbud RI.(Egk/TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here