Juventus Vs AC Milan, Dua Raksasa Berebut Takhta

Juventus Vs AC Milan
Coppa Italia, Juventus vs Ac Milan.

Teropongmetro.com – Dua tim raksasa Italia, Juventus dan AC Milan, akan adu kekuatan untuk menjadi yang terbaik dalam final Piala Italia atau Coppa Italia, Rabu (8/5) atau Kamis dini hari WIB di Stadion Olimpico, Roma.

Laga ini dipastikan bakal berlangsung seru karena kedua tim memiliki motivasi sangat tinggi untuk menjadi juara. Juventus ingin menang untuk menyabet gelar juara Piala Italia keempat kalinya secara beruntun.

La Vecchia Signora juga ingin kembali menyandingkan gelar juara kompetisi Serie A dan Piala Italia berturut-turut untuk keempat kalinya. Saat ini scudetto memang belum mereka raih namun Gianluigi Buffon dan kawan-kawan sudah mencium aromanya setelah akhir pekan lalu berhasil menundukkan Bologna 3-1, sementara rival mereka Napoli hanya imbang 2-2 melawan Torino.

Sementara Milan juga tak kalah bersemangat. Mereka ingin mengangkat trofi agar setidaknya bisa meraih satu gelar dalam musim yang tak terlalu bagus tahun ini.

Rossoneri mengawali musim dengan sangat optimistis setelah mendatangkan 10 pemain baru. Namun dalam perjalanannya, tim tampil mengecewakan.

Pelatih Vincenzo Montella pun menjadi korban. Mantan pelatih Fiorentina ini didepak lantaran pencapaian tim yang jauh dari memuaskan.

Klub kemudian menunjuk Gennaro Gattuso yang saat itu menangani tim junior Milan (Primavera). Di bawah mantan gelandang Milan ini, prestasi Rossoneri mulai membaik. Namun start yang buruk saat masih di bawah Montella, membuat mereka kesulitan menembus empat besar.

Publik Milan berharap tim kesayangan mereka bisa kembali meraih gelar bergengsi. Terakhir tim menjadi juara adalah ketika merebut gelar scudetto musim 2010/11. Sementara gelar juara Piala Italia terakhir mereka sandang pada musim 2002/03 silam.

Di kubu Juventus, Douglas Costa kemungkinan bakal diturunkan menjadi starter setelah akhir pekan lalu tampil sangat mengesankan meski hanya turun sebagai cadangan. Masuk menggantikan Blaise Matuidi persis setelah jeda, pemain asal Brasil ini menghasilkan dua assist yang dimanfaatkan Sami Khedira dan Paulo Dybala menjadi gol. Juventus pun menang 3-1 atas tamunya Bologna.

Mario Mandzukic sudah kembali berlatih namun kondisinya belum pulih sepenuhnya. Dia mungkin akan diturunkan namun sebagai pemain pengganti. Di barisan depan, Massimiliano Allegri akan menampilkan kekuatan terbaiknya yakni Dybala, Costa, serta Gonzalo Higuain.

Juan Cuadrado diperkirakan akan turun sejak awal laga sebagai bek kanan menggantikan Stephan Lichtsteiner. Dalam melawan Bologna, pemain sayap asal Kolombia itu memang menggantikan Lichtsteiner pada menit ke-72.

Cuadrado menjaga sisi kanan pertahanan mendampingi duet bek tengah Andrea Barzagli dan Medhi Benatia, serta bek kiri Alex Sandro. Allegri tidak mengusung formasi tiga bek lantaran Giorgio Chiellini masih cedera.

Meski diunggulkan, kapten Juventus Buffon waspada karena Bianconeri selalu kesulitan menghadapi Milan apalagi di partai final. “Juventus tak pernah menjadi favorit jika melawan Milan terutama sejak final Liga Champions 2003 di Manchester,” kata kiper berusia 40 tahun ini.

“Saya harus katakan bahwa bertahun-tahun kemudian, bersama rekan-rekan setim dan klub saya, kami empat kali melawan Milan di final, kalah dua kali dalam penalti, menang sekali setelah babak tambahan, dan menang sekali dalam adu penalti,” kata Buffon.

“Ini berarti melawan Milan, pertandingan jarang berakhir dalam 90 menit karena kami sangat imbang. Di samping karena kualitas teknik, kami juga sama-sama selalu tampil habis-habisan jika bertemu di final. Saya perkirakan laga final nanti akan sama,” kata penjaga gawang yang membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 ini.

Di kubu Milan, Lucas Biglia memang masuk dalam skuat yang dibawa ke Roma namun sepertinya tak akan siap tampil dalam partai ini meski telah mulai pulih. Gelandang asal Argentina ini absen sejak April lalu akibat cedera punggung.

Posisinya di tim utama akan digantikan Manuel Locatelli. Patrick Cutrone sukses mencetak gol akhir pekan lalu dan sekali lagi dia akan menjadi andalan pelatih Gennaro Gattuso di lini depan.

Sama seperti Milan, Gattuso tampaknya bakal mengusung formasi 4-3-3 dan Cutrone akan menjadi salah satu andalan di barisan depan bersama Suso dan Hakan Calhanoglu. Mereka akan ditopang Franck Kessie, Locatelli, dan Giacomo Bonaventura.

Meski di kompetisi Serie A musim ini Milan jauh tertinggal oleh Juve, namun Calhanoglu yakin timnya memiliki kemampuan untuk menundukkan pasukan Turin itu. Menurutnya faktor mental akan menjadi kekuatan mereka.

“Kami bisa mengalahkan mereka dengan mentalitas kami. Ini faktor terpenting, dengan kolektivitas dan bermain sepenuh hati,” papar pemain asal Turki ini.

Dalam dua pertemuan di Serie A musim ini, Milan memang selalu kalah. Mereka tumbang 0-2 di kandang sendiri dan menyerah 1-3 saat melawat ke Turin.

“Partai di Turin juga di Milan menunjukkan kami sebenarnya bisa menaklukkan Juventus. Kami bisa,” papar mantan pemain Bayer Leverkusen ini.

“Kami sebenarnya memiliki peluang. Dalam laga di Juventus Stadium misalnya, tendangan saya mengenai mistar. Kami tahu benar kekuatan mereka. Mereka memiliki banyak pemain hebat namun kami juga punya pemain-pemain berkualitas,” imbuhnya.

Kekuatan kedua tim memang imbang. Namun melihat dua pertemuan sebelumnya di Serie A, Juventus tampaknya akan kembali menjadi pemenang kali ini.

Perkiraan Susunan Pemain
Juventus (4-3-3)
K: Gianluigi Buffon
B: Juan Cuadrado, Andrea Barzagli, Medhi Benatia, Alex Sandro
T: Sami Khedira, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi
D: Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Douglas Costa

Milan (4-3-3):
K: Gianluigi Donnarumma
B: Davide Calabria, Leonardo Bonucci, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez
T: Franck Kessie, Manuel Locatelli, Giacomo Bonaventura
D: Suso, Patrick Cutrone, Hakan Calhanoglu

Lima Pertandingan Terakhir Juventus
15/04/18 Serie A Juventus 3-0 Sampdoria
19/04/18 Serie A Crotone 1-1 Juventus
23/04/18 Serie A Juventus 0-1 Napoli
29/04/18 Serie A Inter 2-3 Juventus
06/05/18 Serie A Juventus 3-1 Bologna

Lima Pertandingan Terakhir Milan
15/04/18 Serie A Milan 0-0 Napoli
19/04/18 Serie A Torino 1-1 Milan
22/04/18 Serie A Milan 0-1 Benevento
29/04/18 Serie A Bologna 1-2 Milan
05/05/18 Serie A Milan 4-1 Hellas Verona

Head to Head
01/04/18 Serie A Juventus 3-1 Milan
28/10/17 Serie A Milan 0-2 Juventus
11/03/17 Serie A Juventus 2-1 Milan
26/01/17 Piala Italia Juventus 2-1 Milan
23/12/16 Piala Super Juventus 1-1 P Milan
23/10/16 Serie A Milan 1-0 Juventus
22/05/16 Piala Italia Milan 0-1 E Juventus

(Egk/TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here