Target 7,4 Juta Wisatawan Mancanegara, Kemenpar Tawarkan 60 Paket Tour

Target 7,4 Juta Wisatawan Mancanegara, Kemenpar Tawarkan 60 Paket Tour
Penari Bali tampil di depan awak media dalam acara "Sosialisasi promosi pariwisata di Bali", di Hotel Movenpick, Jimbaran, Rabu, 5 September 2018.

DENPASAR (TEROPONGMETRO) Sebanyak 60 paket wisata ke tujuh destinasi pilihan ditawarkan Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Asita (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies). Penawaran paket-paket wisata diharapkan bisa mendongkrak sisa target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang masih kurang sekitar 7,4 juta.

Dikatakan Vinsensius Jemadu selaku Asdep Pemasaran II untuk Regional I, II, III dan IV, Kementerian Parwisata, di sela-sela acara “Sosialisasi Promosi Pariwisata pada Media Nasional”, di Hotel Movenpick Bali, Rabu (5/9), untuk mencapai target kunjungan sebanyak 17 juta wisman harus dilakukan dengan cara yang tak biasa.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi Putuskan Pilkada Sampang Wajib Diulang

“Pak Menteri Arief Yahya pernah mengatakan, target 17 juta itu tak bisa. Makanya cara yang dilakukan untuk mencapai target juga harus tidak bisa. Kali ini untuk menyambut gelaran besar pertemuan tahunan Dewan Gubernur International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) atau IMF-World Bank Annual Meeting (IMF-WB AM) 2018, kami tawarkan 60 paket tur ke tujuh destinasi pilihan,” kata Vinsensius.

Rencananya di Bali pada 8-14 Oktober 2018 mendatang akan digelar dua event besar dunia yang semakin memperkuat posisi pariwisata Indonesia di kancah dunia. Sementara dari sisi marketing, dua eventdunia tersebut mendatangkan wisman dan devisa dalam jumlah yang besar.

Nantinya, paket-paket wisata dan tur yang ditawarkan rata-rata memakan waktu 5 hari sampai one day tour. Dan tujuh destinasi yang ditawarkan antara lain wisata ke Bali, Lombok, Yogyakarta, Banyuwangi, Toba, Tana Toraja, dan Komodo-Flores & Sumba.

Baca Juga: Relawan Pro Jokowi Kritik Sandiaga Uno

“Dari 60 paket tour ini, terbanyak di Bali 33 paket, dan tersebar di 6 destinasi lainnya seperti Banyuwangi 2 paket tur , Danau Toba 6 paket tur yang kesemuanya dijual secara online dan offline,” tambah Nia Niscaya selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II.

Sementara itu hingga Juli 2018, kunjungan wisman ke Indonesia secara kumulatif, sebagaimana siaran pers BPS, sebanyak 9,06 juta kunjungan atau naik 12,92% dibandingkan kunjungan wisman pada periode yang sama 2017 sebanyak 8,03 juta kunjungan. (up/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here