Didesak Tetapkan Status Gempa dan Tsunami Palu Sebagai Bencana Nasional, Ini Respon Jokowi

Didesak Tetapkan Status Gempa dan Tsunami Palu Sebagai Bencana Nasional, Ini Respon Jokowi
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Presiden Joko Widodo menegaskan saat ini yang terpenting adalah penanganan para korban bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dibandingkan sibuk berdebat soal status apakah gempa dan tsunami palu masuk bencana nasional atau tidak.

“Yang paling penting penanganannya yang cepat, yang segera menyelesaikan masalah di lapangan,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (02/10/2018).

BACA JUGA: Ratna Sarumpaet Jadi Korban Penganiayaan Orang Tak Dikenal

Selain itu, Jokowi mengatakan saat ini pemerintah sudah mulai masukkan alat berat ke lokasi bencana untuk kegiatan evakuasi korban.

“BBM Sudah masuk, tetapi problemnya alat di SPBU nya rusak sehingga proses distribusi ke masyarakat sedikit masalah. Moga-moga sore ini terselesaikan karena SPBU portabel yang diarahkan ke Palu dan sekitarnya,” ungkapnya.

“Saya kira yang paling penting penanganan yang cepat, bukan masalah prosedur, administrasi, ini bencana apa, ini bencana apa,” sambung Jokowi.

BACA JUGA: Bantu Pemerintah, Prabowo-Sandi Siap Kirim Tim ke Sulteng

Dia menegaskan salah satu masalah yang penting adalah soal BBM dan listrik. Infrastruktur juga jadi perhatian karena bisa mendukung kecepatan penyaluran logistik.

“Kemudian tadi malam saya sampaikan pada Kapolri dan Panglima TNI agar penjagaan di SPBU, pusat-pusat ekonomi diberikan sehingga semua toko buka dan ekonomi normal sehingga bisa masuk ke tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujar Jokowi.(egk/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here