Fix Usung Mantra-Kertha, Dideklarasikan 8 Januari

0
597
Bagikan Berita Ini

Para Pimpinan Partai Koalisi Rakyat Bali (dok.teropongmetro)

Denpasar, Teropongmetro.com – Koalisi Rakyat Bali (KRB) meggelar deklarasi dan konsolidasi di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar. Deklarasi dan konsolidasi KRB dimaksudkan untuk menyolidkan barisan partai koalisi untuk mengusung Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yan dipaketkan dengan I Ketut Sudikerta (Mantra-Kertha).

Ketua KRB, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra menjelaskan, deklarasi partai politik yang tergabung dalam KRB sebagai bentuk prmbelajaran bagi masyarakat. “Ini pembelajaran poliik yang maju. Parpol kawin dulu dari rahimnya melahirkan paslon. Biasanya paslon melahirkan koalisi. Kami menyerap aspirasi sebagai fungsinya,” kata pria yang karib disapa Gus Adhi, Sabtu 30 Desember 2017.

Meski kedua kandidat tak hadir, Gus Adhi menilai tak mengurangi makna pertemuan tersebut. Saat ini, baik Rai Mantra maupun Sudikerta tengah memiliki kegiatan berkaitan pemenangan mereka pada Pilgub Bali 2018. Namun ia berjanji saat deklarasi keduanya akan dihadirkan. “Nanti beliau-beliau hadir saat deklarasi pada 8 Januari. Setelah deklarasi kita jalan kaki ke KPUD Bali melakukan pendaftaran,” ujarnya.

Hari ini, yang sepakat mengusung Mantra-Kertha adalah Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, Nasdem dan PKS. Namun, Gus Adhi megaku KRB mendapat suntikan partai baru yakni Partai Bulan Bintang yang sepakat bergabung dengan KRB. “PBB sepakat bergabung dengan kami,” paparnya.

Di sisi lain, Gus Adhi menjamin Golkar tak akan terpecah atas dukungan ini. Ia menampik jika Golkar tengah membuat poros koalisi baru dengan Perindo, PKPI dan Hanura. “Saya tidak akan menanggapi upaya lain yang dibilang ada deklarasi. Tapi yang jelas hari ini ada Nyoman Sugawa Korry (Sekretaris DPD Golkar Bali) yang diutus secara sah oleh Partai Golkar,” kata Gus Adhi. Soal rekomendasi dari Partai Golkar sendiri Gus Adhi menyebut akan diserahkan pada tanggal 5 Januari di Jakarta. “Akan diserahkan serentak di Jakarta tanggal 5 Januari,” ucapnya.

Di sisi lain, Sekretaris DPD Partai Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry menilai bergabungnya Golkar dengan KRB sudah melalui analisa mendalam mengenai Pulgub Bali. “Kami yakin seyakin-yakinnya ada di KRB. Kami berada di KRB, tidak dalam posisi lain,” tegas dia.(BA)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here