Tunggu Petunjuk Para Kiyai, Waktu Pendaftaran Belum Ditentukan

0
858
Bagikan Berita Ini

Surabaya, Teropongmetro.com – Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) Saifullah Yusuf masih belum tentukan waktu pendaftaran. Pelaksanaan pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung koalisi PKB dan PDIP masih menunggu istikharah (shalat sunnah meminta petunjuk) dari para kiai khos Jawa Timur.

“Kami masih menunggu hasil istikharah para kiai agar mendapat barokah dan diridhoi Allah SWT,” ungkap Ketua Tim Pemenangan Saifullah-Azwar Anas, Hikmah Bafaqih ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (3/1).

Menurutnya, petunjuk dari Allah SWT sangat dibutuhkan agar langkah yang dilakukan ke depan tidak keliru sehingga cita-cita mampu terwujud sesuai harapan. “Terlebih Gus Ipul-Mas Anas ini juga sesuai arahan kiai-kiai sepuh di Jatim, termasuk hasil istikharah ketika merestui kandidat,” ucap Ketua Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama tersebut.

Selain itu, jadwal pendaftaran pasangan bakal calon yang diusung PKB-PDI Perjuangan tersebut juga berdasarkan kelengkapan dokumen sehingga kekurangan berkas dapat diminimalisasi. Ia menyebut masih perlu bertemu dan berkomunikasi dengan partai-partai yang menyokongnya saat ini.

Belum ditentukannya waktu mendaftar itu, diungkapkan Saifullah Yusuf, saat menghadiri Pelantikan pengurus ranting PKB se-Kecamatan Bangil di Ponpes Putra Roudlotul Ma’ruf II Bangil, Kabupaten Pasuruan, Rabu (3/1/2018).
 
“Pastinya pada 8-10 Januari 2018, tapi kami tidak tahu kapan. Masih belum ketemu dengan partai-partai,” ujar Saifullah Yusuf.
 
Lanjutnya, semua persiapan terkait pencalonan hingga nanti dapat diperoleh kemenangan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim, sudah disiapkan. Bahkan, konsolidasi antar partai sampai tim pemenangan ia pastikan terus berlangsung.
Diketahui, pasangan ini telah mendapatkan sokongan politik dari dua partai besar, yakni PDI Perjuangan dan PKB. Hanya saja, Wakil Gubernur Jatim yang biasa dipanggil Gus Ipul ini, masih harus menunggu keputusan dari partai lain yang saat ini belum menentukan sikap dukungannya, sehingga dapat menambah tiket untuk mendaftar ke KPU pada 8-10 Januari 2017 pekan depan.
 
“Politik itu dinamis, apalagi menjelang detik-detik pendaftaran. Masih menunggu juga, mungkin ada tambahan (dukungan) partai lain,” imbuhnya.
Dimungkinkan tambahan tersebut berasal dari sejumlah partai lain seperti PAN hingga partai Gerindra, yang saat ini masih belum menentukan sikap dukungan ke figur pasangan calon yang telah mengemuka.
 
Selain Gus Ipul-Azwar Anas, pasangan Khofifah Indar Parawansa bersama Emil Dardak, juga terus bergerak. Bahkan, sepertinya menjadi satu-satunya pasangan, yang bersaing untuk berebut dukungan partai lain yang belum menentukan dukungan di Pilgub Jatim 2018. (TK)

Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here