Tidak Mampu Buat Poros Baru, Gerindra Merapat Ke Gus Ipul

0
697
Pandemi Covid-19, Nama Prabowo Menjadi Sosok Yang Paling Kuat Sebagai Calon Presiden di Pemilu 2024
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Bagikan Berita Ini

Teropongmetro.com, Jakarta – Partai yang dikomandani Prabowo Subianto menyerah dan akhirnya memastikan dukungan untuk Saifullah Yusuf atau Gus Ipul pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

“Ya benar sesuai apa yang disampaikan Ketua DPD Gerindra Jatim, kami mendukung Gus Ipul di Pilgub Jatim,” ujar Ketua DPP Gerindra, Nizar Zahro, di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Keputusan mendukung Gus Ipul menurut Nizar, karena mengusung poros baru di luar Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa, sudah tidak memungkinkan.

Sebelumnya, Gerindra bersama PKS dan PAN berencana membentuk poros baru di Pilgub Jatim, tetapi tidak ada kesepakatan diantara elite partai untuk mengusung kandidat sendiri.

“PKS lebih dulu merapat ke Gus Ipul, sedangkan PAN ke Khofifah. Gerindra akhirnya merapat ke Gus Ipul. Poros baru ini sudah nggak memungkinkan, akhirnya mengambil kesepakatan untuk berjalan masing-masing,” ungkapnya.

Konsekuensi dari keputusan tersebut, Nizar mengatakan partainya siap untuk memenangkan Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur.

Dengan demikian, seluruh partai di Jatim mengerucutkan dukungan pada dua calon gubernur di Pilkada Jatim 2018.

Gus Ipul didukung PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi), PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi.

Adapun Khofifah disokong Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 42 kursi.


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here