Wow……Rachland Nashidik : Pendukung Jokowi Bukan Dari Kalangan Terdidik

0
1852
Bagikan Berita Ini

Teropongmetro.com – Berdasarkan hasil survei Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), 48,8 persen alumni UI menyatakan tidak puas dengan kinerja 3,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK. Tingkat ketidakpuasan tertinggi ada pada aspek keadilan sosial, yakni 51,7 persen.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang juga alumni UI, Rachland Nashidik, berpendapat persentasi itu menggambarkan kalangan terdidik yang tak punya persepsi baik terhadap kinerja Jokowi.

“Saya mau katakan secara fair. Kalangan terdidik, kalangan berpendidikan tinggi yang diwakili dalam survei ini oleh Iluni,” ujar Rachland di Resto Gado Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

“Itu (mereka) tidak punya persepsi yang cukup baik terhadap kinerja Pak Jokowi,” imbuh dia.

Namun menurut Rachland, Jokowi tak perlu mengkhawatirkan hasil survei tersebut. Sebab pendukung Jokowi tak hanya dari kalangan terdidik saja. Hal itu dapat dilihat dari angka persentasi tiga masalah besar di Indonesia yang tak sampai 50 persen.

“Dukungan dari alumni UI kepada Jokowi berpindah kepada orang lain. Anda lihat tadi semua angka-angka persepsi mengenai masalah politik 18,7 persen, hukum 22 persen, ekonomi 29,4 persen, semua di bawah 50 persen,” papar Rachland.

“Bisa dibilang saat ini Jokowi kehilangan dukungan dari kalangan terdidik, siapa kalangan terdidik itu, yaitu alumni UI,” tuturnya.

Survei yang dilakukan Iluni UI terkait kinerja 3,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK menggunakan metode kuesioner via email. Total responden sebanyak 502, atau 2,5 persen dari 20.471 alumni UI yang data emailnya dimiliki Iluni UI, setelah melakukan e-voting di tahun 2015. (TM)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini