Jalur Gumitir Longsor, Akses Lintas Jember-Banyuwangi Sempat Lumpuh

0
1042
Tanah longsor di kawasan Gunung Gumitir Jember.
Bagikan Berita Ini

Teropongmetro.com – Tanah di Kawasan Gunung Gumitir, Kecamatan Silo, Jember, Jawa Timur, longsor. Sempat membuat akses Jember-Banyuwangi lumpuh.

“Pada pukul 17.00 WIB kami menerima laporan longsor di Gunung Gumitir. Dari tebing dengan ketinggian 12 meter dengan lebar 7 meter,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jember Widi Prasetyo, Jumat, 16 Maret 2018, petang.

Menurut Widi, bencana alam itu terjadi setelah Gunung Gumitir diguyur hujan lebat sejak pukul 15.00 WIB. Derasnya aliran hujan menggerus tanah terbawah. “Longsor juga merobohkan sebuah pohon berdiameter 60 cm,” ungkapnya.

Lebih lanjut Widi menjelaskan, hingga saat ini, sejumlah petugas masih melakukan pembersihan tanah dan pemotongan kayu. Akan tetapi, petugas di lokasi terkendala medan dan peralatan. “Diperlukan alat berat. Ini kita masih mengupayakan,” ucapnya.

Sementara petugas kepolisian berupaya melakukan pengaturan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan. “Arus yang bisa digunakan masih satu arah. Ini kita lakukan buka tutup,” kata Kasat Lantas Polres Jember AKP Prianggo Malau.(TM)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here