Asyik Main Smartphone, Wanita Ini Alami Gejala Stroke dan Hampir Tewas

0
868
Ilustrasi
Bagikan Berita Ini

Teropongmetro.com – Saat ini, smartphone memegang peranan penting dalam hal komunikasi. Tak bisa dipungkiri, sejak kehadiran smartphone komunikasi dan pekerjaan menjadi semakin mudah. Namun, di balik keunggulan smartphone, ternyata ada dampak negatif yang cukup mengkhawatirkan.

Seorang wanita di Cina hampir kehilangan nyawanya setelah menggunakan smartphone selama 20 jam.

Dilansir Tribunnews, Sabtu (17/3/2018), kejadian tersebut dialami si wanita saat ia menaiki kereta dalam perjalanan dari Henan menuju Guangzhou.

Selama perjalanan, wanita tersebut bermain smartphone agar tak bosan. Banyaknya penumpang saat itu, membuatnya hampir tidak bergerak dari tempat duduk sama sekali.

Ia semakin asyik bermain smartphone untuk menunggu waktu hingga sampai ke tempat tujuan. Sesampainya di tempat tujuan, ia masih baik-baik saja, sama seperti melakukan perjalanan normal lainnya.

Namun, saat berada di stasiun, wanita tersebut tiba-tiba pingsan dan dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Jinan. Di rumah sakit, ia didiagnosa mengalami gejala stroke.

Dr Meng, wakil direktur neurologi Rumah Sakit Universitas Jinan, mengatakan gejala tersebut ditunjukkan dengan adanya kebingungan mendadak, ucapan yang tidak jelas, dan kelemahan di satu sisi tubuh. Hasil CT dan MRI menunjukkan ada gumpalan darah di bagian otak kiri wanita tersebut dan menyebabkan penyumbatan.

Dalam kondisi kritis, ia langsung menjalani prosedur operasi selama 3 jam. Saat operasi, dokter mengeluarkan banyak gumpalan darah berukuran 2 cm.

Dibandingkan pasien sebelumnya yang pernah ditangani Dr Meng, wanita tersebut memiliki jumlah darah menggumpal dua kali lebih banyak. Selama masa pemulihan, ia mengaku terkejut saat didiagnosa menderita gejala stroke.

Pasalnya, ia menjalani gaya hidup sehat serta tidak ada riwayat penyakit kardiovaskular, penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Apa yang membuatnya tiba-tiba terkena gejala stroke?

Dr Meng menjelaskan, memutar kepala untuk melihat ponsel dalam waktu lama dapat menekan pembuluh darah di leher. Bertahan dalam posisi sama terlalu lama juga membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan menggumpal.

Saat ini, banyak pasien dengan usia muda yang mengalami hal tersebut. Dr Meng memberikan nasihat untuk tetap berada dalam posisi yang bagus saat bermain smartphone, juga jangan lupa untuk istirahat. (Ra/TM)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here