Marsinah, Pejuang Kaum Buruh Alumni SMA Muhammadiyah

0
10232
marsinah pejuang buruh
Pejuang Kaum Buruh, Marsinah
Bagikan Berita Ini

Nganjuk, teropongmetro.com – Hari ini, Selasa 1 Mei 2018 merupakan hari buruh internasional. Hari yang biasa dikenal dengan istilah May Day ini ‘dirayakan’ oleh buruh seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jutaan buruh di penjuru Nusantara turun ke jalan. Namun banyak yang tidak tau pejuang buruh dengan gigih memperjuangkan haknya, salah satunya marsinah.

Marsinah merupakan seorang pejuang buruh yang diculik dan dibunuh pada tahun 1993. Tak banyak yang tahu bahwa beliau adalah alumni SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk. Dalam rangka menghargai dan mengenang jasanya, SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk mengeluarkan penghargaan kepada Marsinah sebagai pejuang dan pahlawan kaum buruh. Keputusan ini dikeluarkan secara resmi melalui piagam penghargaan nomor 515/KET/III.4.AU/F/2015 ditandatangi oleh kepsek SMAM 1 Nganjuk diketahui oleh ketua PDM.

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya mengering”. Hadits ini menunjukan kepedulian dan pemihakan Islam kepada kaum buruh dengan asas keadilan.

Spirit pembelaan terhadap eksploitasi buruh sejalan dengan surat Al Ma’un. Eksploitasi terhadap buruh merupakan salah satu bentuk penindasan terhadap kaum mustadh’afin. Selain buruh, kaum yang rentan mengalami penindasan adalah petani, nelayan, difabel dan golongan minoritas.(Egk)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini