Hadiknas, Ini Kata Rocky Gerung Terhadap Jokowi Soal Pendidikan

1
820
Bagikan Berita Ini

Jakarta, teropongmetro.com – Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Pengamat politik Rocky Gerung menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak punya konsep soal pendidikan di Indonesia.

Dia mencontohkan soal Jokowi yang meminta para siswa sekolah menyebutkan nama-nama ikan, yang sama sekali tidak merangsang pikiran peserta didik.

“Kalau sekedar menanyakan nama-nama ikan itu justru mendungukan kehidupan bangsa. Karena kita di ajar sekedar mengisi pertanyaan multiple choice,” kata Rocky di Hotel Aston, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

“Tidak diajar untuk logika, coba nama ikannya apa depannya M, dikasih clue bahkan. Jadi bagaimana merangsang pikiran. Kenapa ikan ga bisa naik pohon, itu menimbulkan korelitas anak didik sehingga pulang dia akan diskusi dengan temannya sesama anak SD, dan orangtuanya ia libatkan,” tambahnya.

Untuk itu, Rocky menegaskan, seharusnya pemimpin sekarang bukan sekedar menghafal seperti ‘Doraemo, melainkan punya konsep berpikir bagaimana pendidikan di Indonesia bisa berkembang signifikan dengan sebuah terobosan.

“Kalau dia pulang hanya bahagia karena sepeda, bukan karena kenikmatan berpikir. Jadi kita dalam suasana itu hari-hari. Kalo kita jawab apa dalil pendidikan kita, pemimpin macam apa yang kita butuhkan supaya bisa menjawab ikan tidak bisa naik pohon,” tuturnya.

“Benar bahwa konstitusi memberi tugas oleh pemimpin tertinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi mencerdaskan kehidupa bangsa bukan tujuan bernegara, tapi tugas untuk pemimpin,” pungkasnya.(Ra)


Bagikan Berita Ini

1 KOMENTAR

  1. Harusnya ditanya hafalan pembukaan UUD 45
    Pancasila
    Nama Nama Pahlawan Nasional
    Sesuai dg apa yg selama ini di gembor gemborksn ttg nasionalisme
    “saya Indonesia saya Pancasila sesuai”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here