Rombak dan Lelang Jabatan, Anies Baswedan Dilaporkan ke Komisi ASN

0
3036
Rombak dan Lelang Jabatan, Anies Baswedan Dilaporkan ke Komisi ASN
Anies Baswedan saat melantik pejabat baru DKI Jakarta.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Beberapa waktu yang lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui sempat melakukan pencopotan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dibawah pemerintahannya.

Seakan tak terima dengan keputusan Anies tersebut, para ASN yang sempat didepak oleh Anies itu dikabarkan mengadu kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Laporan tersebut dilakukan karena para ASN yang dicopot Anies menilai dirinya menjadi korban pelanggaran prosedur perombakan ASN.

“Ada (pejabat) yang mengadu. Ada yang keberatan, masak enggak ada,” kata Asisten Komisoner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan KASN Sumardi, Senin, (16/07/2018).

Sumardi menuturkan sebelum seorang ASN dicopot harusnya ada berbagai tahapan dan mekanisme yang dilalui, tidak asal main copot semata.

Ia menjelaskan beberapa tahapan tersebut diantaranya adalah pemanggilan, pemeriksaan dan sebagainya.

“Pencopotan jabatan itu hukuman berat, kan, kalau hukuman berat, kan, ada proses pemanggilan, pemeriksaan, dan sebagainya. Prosedur itu, kan, harus dilalui,” ujar Sumardi.

Terkait hal ini seorang mantan ASN eselon II yang tak ingin disebut namanya mengatakan jika ia tak tahu menahu kesalahannya namun secara tiba-tiba SK mutasi dikeluarkan oleh Gubernur.

Bahkan ia juga menuturkan kalau sebelum pencopotan itu ia tak merasa pernah dipanggil oleh Gubernur Anies Baswedan. Hal itu lah yang disebutnya berpotensi melanggar prosedur.

“Saya enggak pernah dipanggil Pak Gubernur. Tiba-tiba pagi-pagi, SK mutasi turun. Ini prosedurnya tidak benar,” tuturnya.

Anies diketahui melakukan pencopotan sejumlah pejabat SKPD sejak awal Juni 2018 lalu. Kini jabatan yang ditinggalkan oleh para ASN tersebut dilelang oleh Anies dan sebagian ada pula yang diisi oleh pelaksana tugas. (Ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini