Ini Daftar Partai yang Diprediksi Lolos ke Parlemen, PAN-PKS Gagal?

0
1565
Pemilu 2019, LSI: 6 Parpol Ini Diprediksi Tak Lolos ke Senayan
Ilustrasi partai politik
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Beragam prediksi soal Pilpres 2019 maupun Pileg dikemukakan oleh sejumlah pengamat, salah satunya dari The Initiative Institute.

Airlangga Pribadi, peneliti The Initiative Institute punya prediksi soal hasil Pileg 2019 mendatang. Ia mengatakan jika Pemilu legislatif untuk memilih wakil rakyat di parlemen tersebut hanya akan menjadi milik enam partai peserta.

“Saya memprediksi hanya akan ada enam partai yang lolos, partai lama tentu lebih berpeluang,” ujar Airlangga, Minggu, (22/07/2018).

Baca Juga: Diprediksi Tak Lolos Parlemen, Nasdem Boyong 27 Artis untuk Berlaga pada Pemilu 2019

Ia menuturkan jika enam partai yang menurutnya akan lolos tersebut sebagian besar akan didominasi oleh partai-partai yang tergolong sudah lama malang melintang dijagat politik tanah air.

Sehingga, bagi partai baru, menurutnya akan berat untuk menembus parlemen. Terlebih ambang batas parlemen yang ditetapkan sebesar 4 persen akan menjadi ganjalan tersendiri bagi partai baru.

“Persyaratan ini akan membuat efisiensi parpol,” ujar Airlangga.

Senada dengan Airlangga, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebelumnya juga telah merilis daftar enam partai yang diprediksi akan melenggang ke kursi parlemen terutama terkait aturan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold pada pemilu 2019 yang ditetapkan sebesar 4 persen.

Baca Juga: Ini Alasan 120 Pesantren Dukung Jokowi Dua Periode

“Enam partai yang lolos adalah PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan Demokrat,” ujar Peneliti senior LIPI, Syamsuddin Haris saat merilis di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta pada Kamis, (19/07/2018).

Secara rinci, LIPI merilis juga daftar perolehan suara atau tingkat elektabilitas partai-partai tersebyut. Partai dengan tingkat elektabilitas tertinggi berdasarkan studi yang dilakukan masih dipegang oleh PDIP dengan raihan 24,1%. Setelah PDIP, ada partai Golkar dengan 10,2%, Gerindra sebesar 9,1%, PKB dengan 6,0%, PPP dengan 4,9% dan Partai Demokrat dengan 4,4%.

Sedangkan partai-partai yang diprediksi bakal tumbang diantaranya adalah PKS, PAN, Perindo, NasDem, Hanura, Partai Bulan Bintang, Garuda, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Berkarya. Masing-masing partai tersebut punya tingkat elektabilitas tak lebih dari 4%.

Baca Juga: Demokrat Jatim Pilih Jokowi Ketimbang Prabowo di Pilpres 2019

Terkait hasil survei yang dirilis oleh LIPI tersebut, Partai Bulan Bintang (PBB) mengaku tetap optimias pihaknya bakal menembus raihan suara 4% lebih meski diketahui dalam rilis tersebut PBB hanya mengantongi suara sebesar 0,7%.

“PBB yakin melampui 4 persen, bahkan saya pastikan parpol lama akan banyak yang gagal lolos parliamentary threshold,” ujar Sukmo Harsono selaku Ketua Bidang Pemenangan PBB, Jumat, (20/07/2018). (Ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini