LAM Riau: Ketum GP Ansor Minta Tolong Dipertemukan dengan UAS

0
1009
LAM Riau: Ketum GP Ansor Minta Tolong Dipertemukan dengan UAS
Ketua GP Ansor Riau, Purwaji saat keluar dari Gedung LAMR.
Bagikan Berita Ini

PEKANBARU (TEROPONGMETRO) – GP Ansor Riau meminta Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk mempertemukan Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dengan Datuk Seri Ulama Setia Negara, Ustaz Abdul Somad Lc MA.

Hal itu terungkap saat Ketua GP Ansor Riau, Purwaji mendatangi Balai Adat LAMR dan bertemu dengan Ketua DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, Rabu (19/9/2018).

“Ansor Riau meminta tolong LAMR agar bisa difasilitasi ketua umum mereka bertemu Ustaz Abdul Somad,” kata Datuk Budi Febriadi mewakili Ketua DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, Rabu sore.

Hanya saja, kata Datuk Budi, keputusan apakah permintaan mediasi tersebut akan difasilitasi atau tidak belum bisa dipastikan.

“Tunggu keputusan Ketua DPH LAM,” tuturnya.

Seperti diketahui, Ketua PW GP Ansor Riau, Purwaji mendatangi lembaga adat melayu riau dan ‘curhat’ karena mendapat penolakan di mana-mana.

Dalam pertemuan itu, Ketua GP Ansor Riau Purwaji meminta agar LAMR dapat memfasilitasi pertemuan mereka dengan Ustaz Somad.

‘‘Ya itu nantilah akan kita bicarakan dulu dengan para datuk-datuk disini,” bebernya.

Ia menceritakan bahwa pihaknya sejak awal sudah menginisiasi adanya proses mediasi atau tabayyun atas kejadian perkusi UAS di pulau Jawa. Purwaji menyebut ada kesalahpahaman dalam hal ini.

“Ada kesalahpahaman anak GP Ansor mungkin menerima informasi salah, sehingga kemudian menyampaikan kritik-kritik kepada polisi untuk melakukan pengawasan dan sebagainya (terhadap kegiatan dakwah UAS). Karena itu salah satu cara untuk klarifikasi persoalan itu harus bertemu,” kata Purwaji yang mengenakan baju batik.

Dia percaya ketika bertemu umat muslim dengan umat muslim adanya tabayyun, maka semua persoalan akan selesai.

Karenanya, Purwaji di hadapan Ketua DPH LAMR Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar, dan datuk-datuk LAMR lainnya, memohon bantuan LAMR untuk memfasilitasi Ketua Umum GP Ansor bisa bertemu langsung dengan UAS untuk mempererat silaturahmi.

“Kami (GP Ansor) yang akan sowan ke Ustad Abdul Somad,” pungkasnya.(tm) 


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini