Dubes Jepang Gelar Perayaan Khusus Untuk Din Syamsuddin

0
2406
Dubes Jepang Gelar Perayaan Khusus Untuk Din Syamsuddin
Ketua Centre for Dialogue and Cooperation among Civilization (CDCC) Din Syamsuddin mendapatkan penghargaan Bintang Jasa "Order of The Rising Star, Gold, and Silver Star" dari pemerintah Jepang.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Ketua Centre for Dialogue and Cooperation among Civilization (CDCC) Din Syamsuddin mendapatkan penghargaan Bintang Jasa “Order of The Rising Star, Gold, and Silver Star” dari pemerintah Jepang.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Din Syamsuddin lantaran dia dinilai telah memberikan kontribusi dalam mendorong persahabatan dan pemahaman antara Jepang dan masyarakat Islam Indonesia.

BACA JUGA: Dicap Tukang Impor, Prodem: Petani Tidak Akan Pilih Jokowi

Sebelumnya, penyerahan Bintang Jasa itu telah dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada Din Syamsuddin di Istana Kekaisaran Jepang pada 6 November 2018 lalu.

Namun sebagai bentuk apresiasi, Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia menggelar perayaan khusus di kediaman Duta Besar Jepang Masafumi Ishii, di JI. Daksa V No. 82-84, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/1) malam.

BACA JUGA: Kontak Senjata dengan KKB di Papua, Satu Anggota TNI Gugur

“Pak Din Syamsuddin sangat berkontribusi dalam menyampaikan pentingnya Islam kepada masyarakat Jepang, dia juga sangat membantu pemerintah Jepang dalam menyelenggarakan berbagai program bantuan kepada pesantren dalam pendidikan Islam di Jepang,” ungkap Dubes Masafumi.

Dubes Masafumi menuturkan hal yang paling penting yaitu Din Syamsuddin merupakan salah satu sahabatnya, terutama Din Syamsuddin memiliki banyak kolega di Jepang.

BACA JUGA: Nasyiatul ‘Aisyiyah Soroti Maraknya Peredaran dan Penggunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

“Maka saya merasa sangat senang, bahagia, kami dapat memberikan penghargaan kepada tokoh seperti beliau,” kata dia.

Sementara itu Din Syamsuddin menyampaikan penghargaan tersebut lantaran perannya yang mendekatkan Indonesia dengan Jepang dalam mewujudkan perdamaian.

BACA JUGA: Gunung Agung Kembali Meletus Pada Dini Hari

“Karena memang itu yang saya lakukan selama 20 tahun terakhir dalam kapasitas sebagai Presiden-Moderator Asian Conference of Religions for Peace (ACRP) yang bermarkas di Tokyo sejak 2007, oleh karena itu saya sering dialog bertemuan dengan tokoh-tokoh berbagai agama di Jepang,” kata Din dalam perayaannya yang juga dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir.

Diketahui semenjak menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin telah menjalin hubungan erat dengan berbagai tokoh Jepang, penghargaan ini juga menjadi daftar ketujuh pada tingkat internasional yang diterimanya.

BACA JUGA: Hakim di Lampung Digerebek Warga, Sedang Mesum Bareng Dua Wanita

Pada 2017 dia menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Fatoni Thailand di bidang Studi Islam, menerima penghargaan Bintang Kelas Satu (Al-wisām li Addarajah al-Ūla) dari Kerajaan Jordania, Lifetime Achievement Award dari World Chinese Economic Forum (2014), Ordine della stella d’Italia dari Pemerintah Italia (2013), dan Muslim Figure Award dari Pemerintah Penang (2012).(egk)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini