Seru! Ada Segmen Tarung Bebas, Moderator Debat Capres Dilarang Menyela

0
907
Seru! Ada Segmen Tarung Bebas, Moderator Debat Capres Dilarang Menyela
Pasangan Capres-cawapres, Jokowi-Ma’ruf Amien dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dalam debat perdana, Kamis (17/1/2019) malam tadi.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Debat capres cawapres 2019 edisi kedua, 17 Februari mendatang diprediksi akan lebih seru ketimbang debat pertama. Pasalnya, KPU akan menyediakan satu segmen khusus bagi kedua capres untuk saling bertanya dan adu argumen tanpa disela moderator.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengakui format debat kedua Pemilihan Presiden 2019 tak akan berbeda jauh dengan format debat perdana. Namun akan ada satu segmen khusus bagi kedua capres.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Sebut Banyak Kasus Persekusi Belum Terekspos

Ia menjelaskan, segmen ini bakal diisi dengan pertanyaan ‘gelondongan’ yang dilontarkan masing-masing capres. Saling bertanya dan menanggapi diperbolehkan pada sesi ini tanpa moderator bisa menyela keduanya. Namun durasi waktu sesi ini belum diatur KPU, bisa saja 10 menit atau 15 menit.

“Jadi seutuhnya mereka tidak diatur satu menit, dua menit, tiga menit tapi tidak seluruh segmen,” tutur Arief dalam rapat persiapan debat kedua di Kantor KPU RI Jakarta, Jumat (25/1/2019).

BACA JUGA: Ahok Menghirup Udara Bebas, PSI Minta Buni Yani Dijebloskan ke Penjara

Hal baru lainnya dalam debat kedua, diungkapkan Arief, akan ada kamera yang terus mengikuti perjalanan Jokowi dan Prabowo menuju lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Nantinya akan ditampilkan secara live di televisi penyiaran.

“Kami upayakan masing-masing paslon bisa komunikasi sepanjang perjalanan menuju tempat debat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Genjot Kualitas, Gubernur Bali Minta Koperasi Terus Tingkatkan Kompetensi SDM

Arief menuturkan, hal ini dilakukan KPU agar Jokowi dan Prabowo bisa saling tukar kabar. Arief menyebut ini sebagai prolog sebelum pelaksanaan debat.

“Mudah-mudahan ini menunjukan kultur kita, keramah tamahan kita diantara masing-masing paslon,” pungkasnya.

BACA JUGA: Bikin Merinding, Sambutan Masyarakat Medan kepada ‘Presiden Republik Akal Sehat’ Rocky Gerung

Untuk debat Pilpres 2019 edisi kedua hanya akan mempertemukan dua capres tanpa cawapresnya masing-masing. Tema yang diangkat mengenai energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Debat akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta dengan disiarkan oleh RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV.

BACA JUGA: Prabowo Bakal Serang Jokowi di Debat Putaran Kedua

KPU sendiri telah memutuskan dua nama yang akan memandu jalannya debat capres edisi kedua. Dua moderator yang dipilih adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini