Gubernur Koster Ajak Forum Rektor se-Bali dan BEM Jaga Keamanan Bali

0
625
Gubernur Koster Ajak Forum Rektor se-Bali dan BEM Jaga Keamanan Bali
Gubernur Bali Wayan Koster berfoto bersama jajaran rektor dan BEM perguruan tinggi negeri dan swasta di Pulau Dewata, Rabu (2/10/2019).
Bagikan Berita Ini

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Gubernur Bali Wayan Koster melakukan silaturahmi kalangan akademisi dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Rumah Jabatan Gubernur, Jayasabha Denpasar, Rabu (02/10/2019) malam.

Dalam pertemuan ini Koster menyampaikan  apresiasinya terhadap pergerakan mahasiswa yang penuh semangat dan dinamis, terutama mahasiswa yang akan menyampaikan aspirasinya dalam menyikapi dinamika politik di dalam negeri supaya tetap dalam koridor hukum dan tetap menjaga keamanan Pulau Dewata.

BACA JUGA: Muhammadiyah Telah Amalkan Pancasila Sebelum Indonesia Merdeka

“Saya apresiasi dan sangat menghormati bagaimana pergerakan mahasiswa, penuh semangat dan dinamis. Saya senang dengan adanya gerakan mahasiswa dalam menyuarakan aspirasinya. Namun saya harap perhatikan juga sopan santun, tata tertib saat kita berdemokrasi,” tutur Wayan Koster.

Wayan Koster mengatakan, demokrasi di Bali harus lebih cair, terlebih tiap generasi punya tantangannya masing-masing. “Saya pribadi sangat terbuka terhadap kritik, tentunya yang konstruktif. Kalau ada kebijakan yang kurang pas, silakan mahasiswa kritik,” pungkasnya.

BACA JUGA: Dua Kubu Berebut Ketua MPR

Pria kelahiran Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng ini mengingatkan kondisi industri pariwisata di Pulau Dewata tergantung dari keamanan Bali.

“Sebagai destinasi wisata dunia, 68 persen pendapatan masyarakat Bali berasal dari pariwisata. Ada 49 persen yang bersentuhan langsung dengan wisatawan. Besarnya ketergantungan Bali pada wisatawan, maka sedikit saja terjadi isu keamanan, ekonomi akan ‘goyang’ dan semua sektor akan terpengaruh,” ujar pria yang juga mantan aktivis mahasiswa ini.

BACA JUGA: Isu Pemakzulan Presiden Jokowi, Mahfud MD Sebut Surya Paloh Sengaja Nakut-Nakuti

Untuk itu, Gubernur Koster mengajak para mahasiswa melihat Bali tak hanya dalam skala lokal tapi juga nasional hingga global. “Dalam skala nasional, kita ini adalah bagian dari tatanan rumah besar bernama NKRI. Dengan ideologi yang sudah final, Pancasila. Ini harus kita pertahankan sekuatnya, dari ancaman ideologi lain. Agar kita tetap eksis, masyarakatnya, budayanya dan tradisinya,” ajak Gubernur Bali.

Dalam lingkup global, Bali yang sudah ditasbihkan sebagai destinasi terbaik dunia disebut Wayan Koster juga harus cermat menyikapi penurunan ekonomi global, yang secara tidak langsung berpengaruh pada kemampuan ekonomi calon wisatawan.

BACA JUGA: Fadel Muhammad terpilih Jadi Pimpinan MPR dari unsur DPD

selain dihadiri Koster, acara itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Bali Dewa Made Indra, Kepala Lembaga Pelayanan Pendidikan Wilayah 8 Nengah Dasi Astawa, Rektor Unud Anak Agung Raka Sudewi, Rektor Universitas Dwijendra Gede Sedana, Rektor IKIP PGRI Bali I Made Suarta dan forum rektor se-Bali.

Dari perwakilan mahasiswa, dihadiri oleh BEM Unud, BEM Stikes Bali, BEM Universitas Dwijendra dan sejumlah perwakilan universitas lainnya. (ak)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here