Pemekaran Wilayah, Tito Pastikan Provinsi Baru Bernama Papua Selatan

0
2385
Pemekaran Wilayah, Tito Pastikan Provinsi Baru Bernama Papua Selatan
Presiden Joko Widodo.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Usai mendampingi Presiden Joko Widodo ke Papua, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan pemerintah pusat menyetujui penambahan provinisi di Papua yakni Papua Selatan.

BACA JUGA: Demi Pilpres 2024, Prabowo Printahkan Gerindra DKI Kritisi Anies

Sepertinya dari pemerintah pusat kemungkinan mengakomodir hanya penanbahan 2 provinsi. Ini yang lagi kita jajaki, yang jelas Papua Selatan udah okelah,” kata Tito di Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).

Tito menjelaskan, untuk membahas soal pemekaran provinsi baru ini, dirinya telah bertemu dengan Bupati Merauke Frederikus. Nantinya, Provinsi Papua Selatan bakal mengambil Kabupaten Mappu, Boven Digoel, Asmat dan Kabupaten Marauke yang ada di sebagian Provinsi Papua.

BACA JUGA: Gerindra Sebut Restu Amien untuk Prabowo Bersyarat  

Dengan begitu, kemungkinan akan ada pemekaran daerah tingkat kota untuk memenuhi syarat administratif lima daerah tingkat kabupaten/kota untuk pemekaran provinsi. Untuk itu Merauke akan dibagi menjadi dua, yaitu Kabupaten Merauke dan Kota Merauke.

BACA JUGA: MPR: Prabowo Cs Tidak Bisa Diveto Mahfud MD

“Kalau ada kota Merauke maka oke. Papua Selatan hampir tidak ada masalah termasuk Gubernur, Pak Lukas Enembe tidak ada masalah,” demikian Tito.(ra/tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini