Covid-19 Dapat Bermutasi, Pengembangan Vaksin Diseluruh Dunia Dinilai Akan Sia-sia

0
696
WHO Kirim Tim Ke Tiongkok Investigasi Asal Usul Covid-19
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Peneliti menemukan bahwa strain virus corona yang sedang diisolasi di India membawa mutasi yang dapat merusak pengembangan vaksin di seluruh dunia.

Dikutip dari South China Morning Post, bahwa para ilmuwan yang sedang meneliti vaksi untuk pengobatan Covid-19, telah terjadi perubahan struktural yang tak terduga ini bisa membuat pekerjaan ini sia-sia.

BACA JUGA: 1,65 Juta Pekerja Sudah Kena PHK

Para peneliti, yang dipimpin oleh Wei-Lung Wang dari National Changhua University of Education di Taiwan dan kolaborator dari Murdoch University dari Australia, mengatakan ini adalah laporan pertama dari mutasi signifikan yang dapat mengancam pengembangan vaksin untuk Sars-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Artinya, pengembangan vaksin sekarang ini untuk Sars-CoV-2 berisiko besar menjadi sia-sia,” sambung mereka.

Meski strain ini sampelnya diambil oleh National Insitute of Virology dari seorang pasien di Kerala, India, awal Januari, urutan genom lengkap baru dirilis secara internasional bulan lalu.

BACA JUGA: Mantan Istri UAS Kini Jualan Rendang

Pasien itu dikatakan adalah seorang mahasiswa kedokteran yang kembali dari Wuhan. Namun, virus corona yang diidentifikasi padanya disebut berbeda dari yang diidentifikasi di China.(ra/tm)


Bagikan Berita Ini



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here