Pejabat Korea Selatan Bantah Kematian Kim Jong Un

0
854
Pejabat Korea Selatan Bantah Kematian Kim Jong Un
Pemimpin Korsel Kim Jong-un
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Penasihat senior kebijakan luar negeri Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, pemimpin Korsel Kim Jong-un hingga kini masih hidup dan sehat.

“Kim Jong-un masih hidup dan sehat. Dia berada di Wonsan sejak 13 April. Tidak ada pergerakan mencurigakan selama ini.” kata Moon ketika berbicara dengan CNN, Minggu (26/4).

BACA JUGA: Sulit Cari Kerja, Lulusan S2 Rela Jadi ART

Komentar Moon ini disampaikan setelah sejumlah pejabat Korsel juga masih tetap tenang di tengah berbagai spekulasi media. Pekan lalu pejabat senior di kantor kepresidenan Korsel mengatakan kepada harian Chosun Ilbo bahwa Kim “diyakini berada di luar Pyongyang dengan keluarga dekatnya dan menjalankan tugasnya seperti biasa.”

Lembaga peneliti berbasis di Washington, 38 North mengatakan, citra satelit memperlihatkan sebuah kereta yang biasa ditumpangi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berada di lokasi tempat dia biasa menghabiskan waktu untuk liburan di pesisir timur Korut.

Analisa dari 38 North, menyatakan, sebuah kereta yang kemungkinan milik Kim terparkir di stasiun kereta di lokasi lahan pribadi di Wonsan sejak 21 April. Wonsan berjarak sekitar 230 kilometer dari Pyongyang.

BACA JUGA: Makan Ini Saat Sahur Agar Kamu Tetap Berenergi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

“Citra satelit menandakan kereta itu tiba sebelum 21 April dan masih ada di sana pada 23 April dalam posisi siap berangkat. Belum ada tanda-tanda kapan kereta itu akan berangkat.”

Rumor tentang kondisi kesehatan Kim menyebar ke media Barat setelah CNN dan Daily NK menyebut Kim dalam keadaan kritis setelah menjalani operasi jantung.(*)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini