Terminal Bus Terbesar Provinsi Bali di Mengwi Tutup

0
1294
Terminal Bus Terbesar Provinsi Bali di Mengwi Tutup
Anggota Brimob Polda Bali berjaga di area pintu masuk Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (27/4/2020). Terminal terbesar di pulau Bali tersebut tidak beroperasi hingga 31 Mei 2020 dan diperketat pengamanannya menyusul larangan mudik untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. FOTO ANTARA
Bagikan Berita Ini

BADUNG (TEROPONGMETRO) –  Kondisi Terminal Induk Mengwi Kabupaten Badung, Bali, sepi. Tidak ada bus yang berjajar di lokasi untuk perjalanan menuju ke Pulau Jawa dan lainnya.

Hal itu terkait dengan kebijakan pemerintah melarang mudik di tengah pandemi virus corona (Covid) yang berlaku mulai awal bulan Ramadan.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Terbanyak Di Asia, Iran Buka Kembali Masjid

Pengelola Terminal Mengwi, secara resmi menghentikan operasional untuk sementara waktu selama masa pandemi COVID-19.

“Kami sudah memberikan informasi dan permakluman kepada seluruh pihak di Terminal Mengwi bahwa Terminal Mengwi untuk sementara waktu tidak  beroperasi mulai 25 April 2020 sampai 31 Mei 2020,” kata Kepala Terminal Mengwi, Cokorda Agung Suarmaya dalam keterangan persnya yang diterima di Denpasar, Senin.

Cokorda Agung Suarmaya menjelaskan bahwa pertimbangan hingga Terminal Mengwi ditutup, karena beberapa daerah di Bali tercatat masuk dalam status zona merah COVID-19.Bagi perusahaan otobus atau kendaraan lainnya yang tetap berani melakukan perjalanan meskipun sudah mengetahui ada larangan, nanti ada yang memeriksa di check poin oleh pihak kepolisian atau bisa-bisa dilarang melanjutkan perjalanan atau putar balik.

BACA JUGA: Berakhir Damai, Polisi Tetap Periksa Kandungan Bahan Pembuatan ‘Nasi Anjing’

Hingga saat ini status PO tidak beroperasi sementara sampai batas waktu yang telah ditentukan, yaitu 31 Mei 2020.

“Ada beberapa bus masih beroperasi dan cari penumpangnya di luar terminal dan berangkat dari bagian masing-masing. Kalau ditindak oleh polisi saat perjalanan, kami pihak Terminal tidak bertanggung jawab karena sudah diingatkan dan dilarang beroperasi,” ujarnya.

Selain itu, untuk sementara waktu Terminal Mengwi juga tidak memperkenankan ada aktivitas penjualan tiket dan pemberangkatan dari terminal itu.

BACA JUGA: Pejabat Korea Selatan Bantah Kematian Kim Jong Un

“Jika masih ada ditemukan membandel, akan menjadi ranahnya kepolisian untuk menindak dan melakukan penertiban,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah, dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, yang diturunkan melalui surat dari Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII-Provinsi Bali dan NTB, maka dilakukan larangan sementara penggunaan sarana transportasi, meliputi transportasi darat, perkeretaapian, laut dan udara.

BACA JUGA: Sulit Cari Kerja, Lulusan S2 Rela Jadi ART

Disebutkan juga bahwa larangan sementara penggunaan sarana transportasi darat yang salah satunya larangan penggunaan kendaraan bermotor, bus dan mobil tujuan keluar atau masuk wilayah PSBB, Zona Merah penyebaran COVID-19 dan Aglomerasi yang telah ditetapkan sebagai PSBB.(ant)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here