Hanafi Rais Mundur dari Pengurus DPP PAN dan Anggota DPR

0
2018
Hanafi Rais Mundur dari Pengurus DPP PAN dan Anggota DPR
Ahmad Hanafi Rais.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Putra Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais nyatakan mundur dari Kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025. Lewat sepucuk surat menyampaikan pengunduran diri dari tiga jabatan strategis. Yaitu, Wakil Ketua Umum PAN, Ketua Fraksi DPR, dan sebagai anggota DPR.

Hanafi Rais pasca kongres Kendari yang sempat ricuh, tersebut dimasukan dalam kepengurusan DPP PAN menduduki salah satu jabatan dalam struktur kepemimpinan Zoelkifli Hasan (Zoelhas) yang terpilih, namun mendapatkan penolakan dari sejumlah pengurus.

BACA JUGA: KSPI Duga Pekerja Tak Dapat THR Walaupun Kemenaker Pastikan Dibayarkan

Surat bermaterai yang ditandatangani purta Amien Rais itu tertanggal hari ini, Selasa (5/5). Pernyataan pengunduran diri Hanafi Rais disebarkan ke media sosial.

“Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024,” tulis dia dalam surat tersebut.

Hanafi Rais menyampaikan alasan mengundurkan diri dari partai besutan ayahnya tersebut. Dia mengaku menyayangkan Kongres PAN yang digelar di Kendari beberapa waktu lalu yang diwarnai oleh tindak kekerasan mencoreng nama baik partai.

“Paska Kongres Februari lalu, saya punya harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader. Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan prtai ini,” jelasnya.

BACA JUGA: Salurkan Masker Gratis, Sahabat Subuh Bali Juga Beri Edukasi Cegah Corona

Hanafi Rais menuturkan, atas peristiwa tersebut PAN seharusnya bisa melakukan instrospeksi diri. Namun yang ada malah cenderung berpihak pada kekuasaan dan pemerintah.

“Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan sekalipun dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis pemegang kekuasan,” tandasnya.

BACA JUGA: Detik detik Wafatnya Siti Khadijah Istri Rasulullah Pada 11 Ramadhan

Berikut ini isi surat pengunduran diri Hanafi Rais yang beredar tersebut:

Pasca-kongres Februari lalu, saya punya harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri.

Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini.

Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap.

Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan.

Allahu ‘aliimun bidzaatish shuduur. Allah Maha Tahu segala isi hati.

Oleh karenanya, bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024.

Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya.

Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua.

Terima kasih.

A Hanafi Rais.


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here