Mangku Pastika Bagikan Paket Sembako untuk “pecalang” di Denpasar

0
3116
Mangku Pastika Bagikan Paket Sembako untuk
Penyerahan paket sembako, mangku pastika gandeng NCPI Bali kepada pecalang di Pemogan, Denpasar.
Bagikan Berita Ini

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Bali, Made Mangku Pastika bagikan 50 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Bantuan diberikan kepada para “pecalang” atau petugas keamanan adat yang merupakan salah satu garda terdepan dalam penanggulangan COVID-19 di Provinsi Bali.

Ketut Ngastawa, staf ahli senator Pastika mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, terutama Pecalang yang merupakan salah satu garda terdepan berjuang dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah COVID-19.

BACA JUGA: Episode New Normal, Pegawai BUMN di bawah 45 tahun wajib masuk kantor 25 Mei 2020

“Pecalang ini merupakan salah satu garda terdepan dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19. Apalagi setelah dibentuknya Satgas Gotong Royong Penanggulangan COVID-19 berbasis desa adat. Jadi, tugas pecalang ini cukup berat,” kata Ketut Ngastawa, saat penyerahan bantuan paket bahan pokok tersebut di Sekretariat Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) Bali di Denpasar, Sabtu.

Menurut Ngastawa, dalam kondisi saat ini semua pihak harus saling bersinergi meringankan beban warga yang terdampak COVID-19 secara ekonomi. Terutama yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah COVID-19.

“Selain tenaga medis yang merupakan garda terdepan, tidak kalah penting peran desa adat melalui pecalangnya untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19. Tugas pecalang cukup berat, Pak Mangku Pastika sangat memperhatikan hal ini”, katanya

BACA JUGA: Sekolah Dibuka Lagi, Komisi X DPR: Siapa yang Jamin Resiko Pandemi Covid-19?

Bantuan paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula pasir, mie instan dan sebagainya itu diserahkan Ketut Ngastawa mewakili Mangku Pastika kepada Ketua NCPI Bali Agus Maha Usadha.

Selanjutnya bantuan diserahkan kepada perwakilan pecalang dari tiga banjar (dusun) di Desa Pemogan, Kota Denpasar, yakni Banjar Sakah, Banjar Kajeng dan Banjar Jaba Tengah.

Sementara itu, Ketua NCPI Bali Agus Maha Usada mengatakan sebelumnya NCPI juga sudah memberikan bantuan APD dari donasi yang dikumpulkan kepada sejumlah RS di Bali, termasuk memberikan bantuan masker kepada tiga desa adat di Kota Denpasar.

“Kami juga mengarahkan donasi untuk membantu sejumlah panti asuhan karena dari hasil kunjungan kami ke Klungkung itu banyak panti asuhan yang sudah mengalami krisis bahan makanan akibat terhentinya sumbangan dari para donatur yang mayoritas bergerak di sektor pariwisata,” ujarnya.

BACA JUGA: Muhammadiyah Gelontorkan Rp. 123 Miliar dan 60.000 Relawan Untuk COVID-19

Sementara itu, Kelian Adat Banjar Sakah AA Gede Agung Aryawan yang mewakili “pecalang” menyampaikan terima kasih atas perhatian dari NCPI dan juga Anggota DPD RI Made Mangku Pastika yang telah memberikan bantuan paket bahan pokok.

Menurutnya, para pecalang sudah terbiasa ngayah (bekerja tanpa dibayar-red) termasuk pada saat pandemi seperti ini. Meskipun demikian, pecalang juga memiliki keluarga yang membutuhkan pangan.

“Konsep ngayah, tentu juga harus ada rasa kemanusiaan karena kita tidak tahu sampai kapan wabah ini akan berakhir. Yang jelas, pecalang siap ‘ngayah’ demi Bali untuk menghadapi wabah ini,” katanya.(up)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini