Cegah Stres Dengan Aktivitas Fisik Di Tengah Pandemi Covid-19

0
1620
Cegah Stres Dengan Aktivitas Fisik Di Tengah Pandemi Covid-19
Melakukan aktivitas fisik selama berada di rumah, juga membantu tubuh tetap aktif sehingga menjauhkan dari sejumlah penyakit.
Bagikan Berita Ini

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Demi memutus mata rantai penyebaran covid-19, kita masih dituntut untuk terus berada di rumah saja (stay at home) karena tingkat persebaran virus Corona baru belum juga menyusut. Melakukan karantina mandiri di rumah, merupakan salah satu solusi terbaik jika tak ingin tertular Covid-19.

Sayangnya, banyak orang mengeluh bosan karena sudah berminggu-minggu lamanya hanya berada di rumah saja. Inilah yang membuat beberapa orang nekat jalan-jalan dan keluar rumah, padahal pemerintah setempat sudah banyak yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

BACA JUGA: Disperindag Denpasar Gencar Sosialisasikan PKM Protokol Kesehatan Berniaga ke Pelaku Bisnis

Alih-alih beraktivitas diluar rumah, cobalah untuk lebih mengeksplorasi lagi aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan selama masih berada di rumah saja. Melakukan aktivitas fisik selama berada di rumah, juga membantu tubuh tetap aktif sehingga menjauhkan Anda dari sejumlah penyakit di tengah bulan puasa, puasa bukan berarti tidak beraktivitas.

Melakukan gerakan-gerakan ringan selama 3-5 menit seperti berjalan keliling rumah atau cukup melakukan peregangan, sudah sangat membantu membebaskan Anda dari risiko kram otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Ada banyak sekali manfaat yang didapat jika tubuh kita tetap aktif selama masa karantina ini. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat membawa manfaat seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe-2, dan beberapa jenis kanker.

Aktivitas fisik juga membantu orang-orang lanjut usia untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga mencegahnya dari terjatuh dan cedera. Sementara untuk anak-anak rutin melakukan aktivitas fisik sangat baik untuk mendorong tumbuh kembangnya dan menurunkan risiko penyakit di usia dewasanya.

BACA JUGA: Karyawan ini Tega Merampok Minimarket Tempat Kerjanya Untuk Bekal Mudik

Melakukan aktivitas fisik bahkan juga membantu meningkatkan kesehatan mental, dan menurunkan risiko depresi, penurunan kognitif, dan mencegah terjadinya demensia. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari rutin melakukan aktivitas fisik, akan sangat sayang jika Anda masih menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran sepanjang hari.

Yuk, lakukan aktivitas untuk menjauhkan kebosanan dan dapatkan berbagai macam manfaat kesehatan dengan rutin melakukan aktivitas fisik.(mat)


Bagikan Berita Ini




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here