Stok Darah di PMI Menipis, Crisis Centre MUI Bali Gelar Donor Darah

0
6200
Stok Darah di PMI Menipis, Crisis Centre MUI Bali Gelar Donor Darah
MUI bersama Lembaga Islam se-Bali bekerjasama dengan PMI Bali, menggelar Gerakan Donor Darah Bersama, dilaksanakan komplek Sekolah Harapan Mulia Denpasar, pada hari Minggu, 7 Juni 2020.
Bagikan Berita Ini

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Donor darah rutin setiap tiga bulan sekali sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin hidup lebih sehat. Selain itu, banyak juga manfaat yang didapatkan jika rutin melakukan donor darah.

Untuk mengajak masyarakat hidup sehat, MUI bersama Lembaga Islam se-Bali bekerjasama dengan PMI Bali, menggelar Gerakan Donor Darah Bersama, di komplek Sekolah Harapan Mulia Denpasar.

BACA JUGA: ABK Kembali Disiksa di Kapal China, Nekad Melompat dan Terapung 7 Jam

Koordinator lapangan donor darah CC MUI Mukti mengatakan, kegiatan donor darah akan dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Juni 2020. Kegiatan dimulai dari jam 07.30-15.00. Mulai dari kehadiran yang terjadwal, jaga jarak, ukur suhu dan cuci tangan tetap dilakukan serta dalam pengawasan yang ketat sesuai protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang sudah jadi pandemi.

“kepedulian terhadap sesama harus tetap dijalankan, meskipun di musim pandemi covid-19 ini. Namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan”. Ujar Mukti di Denpasar, Minggu (7//2020).

BACA JUGA: Begini Respon Jerinx SID, Akun Twitter @JRXSID_Official Dipolisikan PKPI

Dikesempatan yang sama, Ketua ICMI Bali Farida Hanum menyampaikan bahwa melalui kegiatan donor darah ini, diharapkan akan adanya semangat dan juga kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong menolong antar sesama. Karena kegiatan donor darah ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangatlah berarti bagi kehidupan orang lain.

“Tujuan kegiatan kali ini merupakan respon dari elemen masyarakat Bali, khususnya ummat Islam untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI yang masih kurang “.Ujar Farida Hanum.

BACA JUGA: Lazismu Solok Salurkan Bantuan Pada Warga Yang Rumahnya Tertimpa Pohon

Sementara itu, Ketua Crisis Centre MUI Husein mengatakan, donor darah kali ini sangat berbeda dengan donor darah biasanya, para peserta khususnya warga masyarakat yang kurang mampu setelah berdonor mereka mendapat paket sembako.

” Bagi warga yang sudah bersedia berdonor kami berikan paket sembako sebagai bagian dari apresiasi dan juga membantu warga yang terdampak ekonomi akibat pandemi Cobid-19. Kegiatan ini juga sangat bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh, karena tubuh selalu memproduksi darah-darah baru”. Kata Husein.

Lebih lanjut Husein mengatakan, tak hanya membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada 5 manfaat kesehatan lain yang dapat dirasakan dari donor darah. Antara lain, menjaga kesehatan jantung, mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, dan mendapatkan kesehatan psikologis.

BACA JUGA: Risma Ceritakan Mengapa Dia Marah-marah Soal Mobil PCR Tempo Hari, Ternyata Karena Di-PHP-in

“Dengan segala manfaat donor darah baik fisik maupun sosial, serta kemendesakan kebutuhan darah nasional, tidak ada alasan lagi untuk menunda donor darah. Ayo donorkan darahmu, jadilah Pahlawan Kemanusiaan,” tegasnya.

Acara donor darah ini mendapat dukungan dan pengamanan dari pecalang serta kepolisian setempat. Selain itu kegiatan donor darah kali ini juga dihadiri oleh Wagub Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, KaKanwil BI Bali Trisno Nugroho, anggota DPD RI perwakilan Bali H Bambang S.(irfani)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini