Persiapkan Tahapan Pemilihan 2020 Lanjutan, KPU Karangsem Gelar Rakor Bersama PPK

0
2318
Persiapkan Tahapan Pemilihan 2020 Lanjutan, KPU Karangsem Gelar Rakor Bersama PPK
Ketua KPU Kabupaten Karangasem I Gede Krisna Adi Widana bersama Anggota KPU Bali Ibu Ni Luh Putu Sri Widyastini.
Bagikan Berita Ini

KARANGASEM (TEROPONGMETRO) – Merespon ditetapkannya Pemilihan Serentak Tahun 2020 pada 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem mulai melakukan persiapan-persiapan. Salah satunya rapat koordinasi bersama ketua PPK se-Kabupaten Karangasem dalam persiapan pelaksanaan tahapan lanjutan pilkada serentak tahun 2020, bertempat di sekretariat KPU jalan Bhayangkara nomor 6 Karangasem, Senin (15/6/2020).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota KPU Bali Ibu Ni Luh Putu Sri Widyastini yang sedang melakukan monitoring persiapan pelaksanaan tahapan lanjutan pilkada serentak tahun 2020. Sekaligus memberikan sosialisasi terkait perubahan tahapan dan jadwal dan program pasca pandemi covid-19.

BACA JUGA: Pesawat Hawk 200 Milik TNI AU Jatuh Di Riau

Rakor yang dipandu secara langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem I Gede Krisna Adi Widana mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan berbagai persiapan kegiatan pada tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan.

Pada kesempatan tersebut, selain secara spesifik menyampaikan materi mengenai upaya konkret tahapan pemilihan serentak lanjutan sesuai dengan peraturan KPU terbaru, Gede Krisna juga mengajak kepada seluruh penyelenggara pemilu utamanya para anggota PPK untuk tetap optimis melaksanakan Pemilihan Serentak mendatang, mengingat pemilihan diselenggarakan di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Berbagai konsekuensi pasti ada, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Kita, selaku penyelenggara dan tentunya mengupayakan keterlibatan masyarakat dalam pemilihan kali ini”, kata Gede Krisna Adi Widana.

BACA JUGA: Waskita Karya Berencana Jual 3 Tol di Jawa Tahun Ini

Keterlibatan masyarakat biasanya ditandai salah satunya dengan tingkat kehadiran pemilih pada hari pemungutan suara. KPU telah menargetkan tingkat partisipasi masyarakat nasional yang semula 79 persen menjadi 77,5 persen.

Dalam menyikapi berbagai konsekuensi tersebut, tentu diperlukan berbagai langkah konkret untuk memunculkan public trust terhadap penyelenggaraan pemilihan sehingga dapat mendorong pemilih untuk tetap menggunakan hak suaranya”, imbuhnya.

Maka dari itu, diperlukan berbagai inovasi dalam menyelenggarakan dalam setiap tahapan dengan menyesuaikan protokol kesehatan standar.

BACA JUGA: Wali Kota Surabaya Risma Jatuh Pingsan Saat Rapat Dengan Komite Sekolah

Lebih lanjut Gede Krisna menyampaikan bahwa seiring dengan berbagai konsekuensi yang perlu KPU hadapi, ada pula beberapa sisi positif. Diantaranya, KPU turut serta sebagai media yang mengampanyekan protokol kesehatan. Maka tidak salah jika beberapa sebelumnya, Komisioner KPU Karangasem juga menghimbau untuk tetep melakukan publikasi ditengah beberapa tahapan yang sedang ditunda sebagai upaya keterlibatan KPU dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Mengakhiri paparannya, Gede Krisna berharap kepada seluruh Anggota PPK se Kabupaten Karangasem untuk tetap menjaga kesehatan agar tetap prima dalam menjalankan tahapan lanjutan kedepan.(up)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini