Mantan Atlet Karate Nasional Terpilih Sebagai Ketua Parik Paga Nagari Muara Panas

0
17417
Mantan Atlet Karate Nasional Terpilih Sebagai Ketua Parik Paga Nagari Muara Panas
Pemuda Muara Panas menggelar musyawarah Parit Paga Nagari di Kabupaten Solok pada hari Minggu (5/7/20).
Bagikan Berita Ini

SOLOK (TEREPONGMETRO) – Bertempat di balai adat nagari Muara Panas sejumlah pemuda, tokoh masyarakat setempat dan pemerintah nagari mengadakan musyawarah dan memiliki komitmen untuk mengembalikan peran pemuda sebagai Parik paga nagari, yang sesuai dengan perda provinsi Sumatera Barat no 7 tahun 2018 tentang kembali ke nagari, maka kehadiran parit nagari sangat penting dalam menjaga adat istiadat alam minangkabau.

BACA JUGA: Ketua Kadin Jakarta Ungkap Dunia Usaha Butuh Waktu untuk Pulihkan Bisnis yang Hancur karena Pandemi

Dimana dari hasil musyawarah yang digelar pada hari Minggu (5/7/20), Zelly Herianto terpilih menjadi ketua formatur Parik Paga Nagari Muara Panas untuk selanjutnya dapat menyusun pengurus yang dibutuhkan dan dapat di kukuhkan dalam waktu secepatnya.

Adapun peserta musyawarah yang berjalan dalam suasana penuh keakraban itu diikuti oleh 5 orang utusan unsur pemuda dari setiap jorong, (Koto kacik, Koto Panjang, Sawah Ampang, Jorong Galagah, dan Jorong Balai pinang), ketua pemuda, beserta beberapa tokoh pemuda, dan ikut disaksikan oleh beberapa orang anggota Kerapatan Adat Nagari (KAN) Muaro Paneh.

BACA JUGA: Refly Harun Sebut Ahok Tidak Bisa Jadi Menteri, Begini Penjelasannya

Ketua KAN Muaro Paneh Elson Datuak Rajo ketika dihubungi ditempat yang berbeda, karena kebetulan tidak bisa ikut hadir dalam musyawarah ini, ikut bangga dan menyampaikan ucapan selamat dan berikan apresiasi, serta sangat suport atas terbentuk Parik Paga nagari ini.

Menurutnya, dengan terbentuknya lebih cepat dan mungkin yang petama di kabupaten Solok, keberadaan Parik Paga Nagari ini merupakan ujung tombak dalam segala hal, guna cipta kondisi yang baik dalam nagari.

“Selamat, karena pemuda sebagai generasi penerus, harus bisa menjadi parik paga dalam nagari, yang bisa menjadi pertahanan bagi nagari,”ujarnya. 

BACA JUGA: Arab Saudi Rilis Protokol Kesehatan Ibadah Haji, Jamaah Dilarang Sentuh Ka’bah

Menurutnya, jika dikaji ulang mengenai sejarah terbentuknya Republik Indonesia ini, tidak terlepas dari campur tangan pemuda, ini menunjukkan sebegitu penting dan hebatnya peran pemuda dalam melahirkan bangsa.

Sebelum Musyawarah pembetukan Parik Paga Nagari, Ketua KAN telah berkordinasi dengan Bapak Raflido Datuk Kayo, Sekretaris LKAAM Kabupaten Solok. Bahwasannya LKAAM Kabupaten Solok sangat mendukung pembentukan Parik paga nagari dibawah naungan KAN Muaro Paneh, supaya jadi percontohan bagi KAN yg lainnya dan semoga bisa terbentuk pula parik paga Nagari lainya dikabupaten solok.

BACA JUGA: Kornas Fokal IMM Dukung Penundaan Muktamar Muhammadiyah Sebagai Langkah Maju dan Cerahkan Semesta

Sementara itu, Mantan ketua pemuda tahun 1972- 2000an, yang akrab disapa bang Ber yang sekarang sebagai ninik mamak Muaro Panas menyampaikan harapannya agar adat tidak di rubah oleh orang yang datang, bang Ber menekankan tentang fungsi Parik Paga Nagari jangan sampai lengah ‘Cupak diganti urang panggaleh, jalan dialih dek urang lalu’ dan membantu menkokohkan fungsi ninik mamak dalam nagari.

Sedangkan ketua terpilih Zelly Herianto yang juga menjadi pelatih karate Kabupaten Solok dan Provinsi Sumbar yang bertugas di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Solok. “Berharap Parik Paga Nagari dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dalam menjaga adat istiadat di dalam nagari serta menjaga persatuan dan kesatuan,” tutupnya.(toni)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini