Pengamat Sebut Jokowi Memang Tak Punya Beban, Tapi Apa Tega Mereshuffle Erick Thohir?

0
1602
Pengamat Sebut Jokowi Memang Tak Punya Beban, Tapi Apa Tega Mereshuffle Erick Thohir?
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir
Bagikan Berita Ini

JAKARTA(TEROPONGMETRO) – Mengotak-atik kabinet seharusnya tak lagi menjadi masalah bagi Presiden Joko Widodo karena pemerintahannya akan berakhir di 2024 mendatang.

Termasuk terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang belakangan didorong untuk di-reshuffle.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19, Nama Prabowo Menjadi Sosok Yang Paling Kuat Sebagai Calon Presiden di Pemilu 2024

“Jokowi kalau mau tegas ia tidak ada beban kok, ia selesai tidak akan maju lagi 2024. Maka, kalau ada menteri yang tidak sejalan dengan visi dan misi presiden tentu ia dengan mudah melakukan reshuffle, termasuk Erick Tohir,” ucap pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam, Minggu (12/7).

Apalagi, sambung Saiful, Erick Thohir baru-baru ini sudah menyatakan kesediaannya bila benar-benar akan dicopot oleh presiden.

BACA JUGA: Muhammadiyah Tegaskan Virus COVID-19 Itu Nyata, Bukan Konspirasi

“Ini sangat sejalan dengan pernyataannya yang siap apabila dicopot oleh Jokowi, saya yakin ia mulai mencium ke arah sana,” sambung Saiful.

Desakan pencopotan Erick Thohir belakangan memang santer disuarakan sejumlah pihak, termasuk dari lingkaran pendukung seperti relawan Jokowi-Maruf yang tergabung dalam Barisan Relawan Nusantara (Baranusa).

BACA JUGA: Turki Fungsi Hagia Sophia Jadi Masjid, Paus Fransiskus Amat Tertekan

Namun demikian, Saiful tak meyakini Presiden Jokowi akan tega mencopot Erick yang sejatinya menjadi salah satu sosok penting dalam kemenangan Pilpres 2019, di mana pendiri Mahaka Group ini menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf.

“Apa iya Jokowi tega me-reshuffle ketua tim suksesnya dari menteri yang sangat bergengsi itu?” terang Saiful. (akh)


Bagikan Berita Ini