Kenakan APD, KPU Denpasar Coklit 8 Tokoh Masyarakat Serentak

0
1538
Kenakan APD, KPU Denpasar Coklit 8 Tokoh Masyarakat Serentak
Wakil Walikota Denpasar I Gusti Jaya Negara.
Bagikan Berita Ini

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) Pilkada 2020, Rabu (15/7/2020).

Coklit adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dengan menemui pemilih secara langsung atau door to door. Hasil dari proses coklit akan menjadi bahan KPU dalam menyusun daftar pemilih Pilkada.

BACA JUGA: Refly Sebut Pilpres 2024 Bisa Saja Jadi Ajang Pertarungan Prabowo dan Sandiaga Uno

Dalam rangka memulai tahapan tersebut, KPU menggelar Gerakan Klik Serentak (GKS) dan Gerakan Coklit Serentak (GCS). Gerakan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih Pilkada 2020.

Kenakan APD, KPU Denpasar Coklit 8 Tokoh Masyarakat Serentak
Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Denpasar didampingi Ketua KPU Denpasar menyambangi rumah Ketua DPRD Kota Denpasar.

Pada hari ini, Sabtu (18/7/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap 8 tokoh masyarakat di wilayah kerja KPU Denpasar.

BACA JUGA: Zakir Naik: Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid Boleh karena di Tanah Taklukkan Muslim

Tak terkecuali di Kota Denpasar, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Denpasar didampingi Ketua KPU Denpasar menyambangi rumah Ketua DPRD dan Wakil Walikota Denpasar.

Dengan mengenakan pakaian APD lengkap mulai masker, sarung tangan, serta face shield petugas PPDP melaksanakan coklit. Tak butuh waktu lama, sekitar 10 menit proses coklit berjalan cukup singkat dan lancar.

Usai melakukan coklit, petugas lantas memasang atau menempel stiker tanda bahwa yang bersangkutan sudah dilakukan coklit.

BACA JUGA: Konsumsi pertalite Meningkat 92 persen Pasca Harganya Setara Premium di Denpasar

Dijelaskan, Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya bahwa pelaksanaan coklit sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli 2020 lalu. Namun, hari ini merupakan coklit serentak khusus terhadap 8 tokoh masyarakat di wilayah masing-masing sesuai dengan program KPU RI.

“Untuk KPU Denpasar melakukan coklit terhadap 8 tokoh masyarakat Kota Denpasar. Diantaranya Wakil Walikota, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Senator DPD RI, Anggota DPR RI, Bendesa Adat Madya, Tokoh Perempuan atau Bali Sruti dan Seniman Musik Nanoe Biru,” kata Arsa Jaya.

Selanjutnya Arsa Jaya berharap kepada PPDP agar bisa mematuhi protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19 tentunya dengan menggunakan masker dan selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas.

BACA JUGA: Bocoran, Ini Strategi PDIP di Pilkada 2020

“Selamat bertugas, sukses pemilihan Walikota Denpasar tahun 2020 dan berjalan lancar sesuai harapan kita semua”, harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede berharap kepada seluruh warga Denpasar yang telah memiliki hak pilih agar tidak ada yang ketinggalan untuk dilakukan coklit.

“Ayo gunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai lewatkan pesta demokrasi ini,” pintanya. (din)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here