Hasil Survei: Masyarakat Puas Dengan Kinerja TNI-Polri Dalam Penanganan Covid-19

0
2269
Hasil Survei: Masyarakat Puas Dengan Kinerja TNI-Polri Dalam Penanganan Covid-19
Panglima TNI Bersama Kapolri.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan sebagian besar masyarakat merasa puas atas kinerja Polri dalam membantu penanganan pandemi COVID-19.

Kesimpulan itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia yang menunjukkan bahwa polisi sedikit ada kenaikan (tingkat kepuasan publik), namun secara umum tidak berbeda jauh. Penanganan oleh polisi relatif dinilai baik,” kata Burhanuddin Muhtadi melalui siaran pers, di Jakarta, Selasa (21/7/20).

BACA JUGA: Sikapi Polemik RUU Omnibus Law, Cipayung Plus Geruduk Kantor DPRD Provinsi Bali

Ia mengatakan tingkat kepuasan publik kepada polisi dalam membantu pelaksanaan penanganan pandemi COVID-19 tercatat sebesar 82,6 persen.

Menurut Burhanuddin, mayoritas publik juga percaya kepolisian dan TNI dalam menjaga keamanan selama wabah berlangsung. Mayoritas menilai kinerja TNI dan Polri dalam menjaga keamanan selama masa wabah sudah cukup atau sangat kompak yakni 81 persen.

“Polisi dalam menangani keamanan dianggap relatif baik. TNI juga relatif baik,” ujarnya pula.

BACA JUGA: Mendagri Sebut Pilkada Serentak Bangkitkan Sektor Ekonomi dan UMKM

Indikator untuk mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap institusi yang mendudukkan TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya publik, lalu disusul Presiden dan Polri.

“Antara polisi dan KPK beda sedikit, polisi di atas KPK. Kinerja presiden secara umum, tidak berbeda dengan survei sebelumnya. Ada sedikit penurunan, tapi tidak signifikan,” pungkasnya.

Survei dilakukan menggunakan teknik wawancara melalui telepon kepada 1.200 responden pada rentang waktu 13-16 Juli 2020 menggunakan metodesimple random samplingdenganmargin of errordi kisaran 2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini