Renovasi Masjid Istiqlal Habiskan Rp 475 Miliar, Ada Terowongan Bawah Tanah Menuju Gereja Katedral

0
1308
Renovasi Masjid Istiqlal Habiskan Rp 475 Miliar, Ada Terowongan Bawah Tanah Menuju Gereja Katedral
Masjid Istiqlal.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai sejak Mei akhirnya rampung. “Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp 475 miliar,” ucap Jokowi dikutip dari Instagram Jokowi, Minggu (26/7).

Renovasi itu berupa penambahan plaza-plaza, pembangunan parkir bawah tanah yang sangat luas, renovasi gerbang, fasad, dinding, hingga ruang wudhu, dan interior dalam dipercantik dengan permainan lampu. Masjid Istiqlal telah rampung direnovasi untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu, dimulai pada Mei 2019 dan kini siap untuk diresmikan.

BACA JUGA: Dimakzulkan, Bupati Jember Bakal Maju Pilkada Dari Jalur Independen

Renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, Mechanical Electrical Plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam akun Instagram resminya @kemenpupr pun mengunggah perbedaan penampilan Masjid Istiqlal pada Minggu 26 Juli 2020.

Dalam unggahannya, Kementerian PUPR menampilkan Masjid Istiqlal yang sudah direnovasi pada bagian Plaza Assalam serta Plaza Al Fattah. Pada bagian tersebut, terdapat penataan kawasan berupa perbaikan gerbang, perbaikan tepi atau tanggul sungai, perbaikan kantin dan penambahan area PKL.

BACA JUGA: Kisruh Program Kemendikbud, Muhammadiyah Pertanyakan Maksud Evaluasi POP

Atap selasar pun turut direnovasi dengan memberikan instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pada ruang utama salat direnovasi semewah mungkin agar nyaman digunakan oleh jamaah untuk melakukan ibadah.

Area wudhu pun telah direnovasi agar terlihat megah dan bersih pada bagian lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, toilet dan kamar mandi untuk digunakan.Interior pun direnovasi dengan memperbaiki area VIP dan perkantoran pengurus masjid.

Untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan Covid-19 akan dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL). Sedangkan untuk Terowongan Silaturahmi bawah tanah yang akan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral, direncanakan mulai dibangun pada akhir 2020 ini.

BACA JUGA: KPU Sebenarnya Pilih Opsi Pilkada September 2021, Tetapi Sudahlah

Kebutuhan anggaran diperkirakan untuk membangun terowongan tersebut mencapai Rp 40 miliar. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi Masjid Istiqlal ini berjalan baik, terutama pada pekerjaan lanskap dan pencahayaan.

“Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga sudah dicek Bapak Presiden. Lighting juga sudah kita coba tadi,” ujar Menteri Basuki.

Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi, tidak termasuk area sungai dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang.(ra)


Bagikan Berita Ini


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here