Gelar Sholat Idul Adha 1441 H, Warga Pondok Purnawira Denpasar Terapkan Protokol Kesehatan

0
1002
Gelar Sholat Idul Adha 1441 H, Warga Pondok Purnawira Denpasar Terapkan Protokol Kesehatan
Warga pondok purnawira menggelar sholat idul adha diwantilan dusun pondok Purnawira, Padang Sambian Klod Denpasar, yang dilanjutkan pemotongan hewan kurban. Jum’at (31/7/20).
Bagikan Berita Ini
  • 18
    Shares

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Dalam situasi covid-19 warga Indonesia mengunjungi masjid dan musholla untuk menunaikan sholat hari raya Idul adha 1441 Hijriah saat kumandang takbir menggema dengan merdunya.

Semua warga yang akan menunaikan sholat idhul adha di wajibkan memakai masker, di cek suhu tubuhnya dan mencuci tangan sebelum masuk areal dilaksanakannya sholat idhul adha, situasi kali ini lain dengan biasanya disebabkan karena wabah virus Corona-Covid 19 yang melanda, ini mencerminkan bahwasannya kita harus disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Kapolres Badung Gandeng JMSI Salurkan Hewan Qurban Ke Warga Terdampak Covid-19

Warga pondok purnawira menggelar sholat idul adha diwantilan dusun pondok Purnawira, Padang Sambian Klod Denpasar, yang dilanjutkan pemotongan hewan kurban yang merupakan satu rangkaian acara di Perayaan Hari Besar Islam Idul Adha.

Situasi kali ini di jaga ketat oleh aparat keamanan yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibnas, serta prajuru desa adat atau biasa disebut pecalang, dalam memastikan panitia menjalankan protokol kesehatan yg ditetapkan oleh pemerintah demi menjaga/mencegah perkembangan virus Corona-Covid 19.

BACA JUGA: Jenderal Idham Azis Akan Bersihkan Kepolisian dari Oknum Nakal

Pecalang merupakan salah satu perangkat keamanan desa adat di bali dalam membantu kelancaran kegiatan di setiap perayaan. Dalam pandemi sekarang ini pecalang ikut serta membantu sebagai tenaga relawan menjaga para umat islam agar lebih khusuk dalam ibadahnya, simbol toleransi dan menjaga persaudaraan ukhuwah antar umat beragama di implementasikan setiap perayaan Hari Besar Agama Islam.

Panitia menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap semua jamaah yang akan melaksanakan ibadah sholat idhul adha, yang mana setiap jamaah dicek suhu tubuhnya satu persatu dengan tertib dan mencuci tangan serta diberi handsanitizer untuk memasuki ke areal lokasi. Selain itu panitia juga mewajibkan setiap jamaah wajib membawa ID Card (kartu pass) untuk warga pondok purnawira.

BACA JUGA: Update Kasus Covid-19 Kota Denpasar, Pasein Sembuh Bertambah 31 Orang

Salah satu Tokoh Masyarakat dan sekaligus Panitia PHBI rukun warga muslim Purnawira atau yang dikenal dengan pondok purnawira Nurariato, mengatakan  antusias warga kita dalam menjalankan sholat Idul adha 1441H, yang bertepatan pada hari Jum’at 31 Juli 2020 M, semua warga wajib memakai masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak, dalam menjalankan sholat kali ini.

“bahwa ibadah Idul Adha ini berbeda protap dan teknis pengaturan jamaah karena kondisi masih pandemi covid 19, maka hanya warga Purnawira yang mengikuti sholat Idul Adha di wantilan Purnawira, semoga pandemi segera berkahir agar kita bersama sama mengajak warga di luar Purnawira untuk bergabung seperti tahun tahun sebelumnya”, kata Nurianto saat di temui disela-sela melaksanakan pemotongan hewan Qurban, Jum’at (31/7/20).

BACA JUGA: Hikmah Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19

Hal senada juga disampaikan oleh Heddy selaku Ketua Rukun Warga Muslim Pondok Purnawira, bahwa hikmah sholat idul adha tahun ini kita harus banyak bersyukur dan ikhlas, Karena dalam kondisi pandemi covid 19 kita masih bisa melaksanakan ibadah Idul Adha di lapangan.

Tercatat dalam laporan panitia, kurban hewan berupa 3 ekor sapi dan 9 ekor kambing dipotong setelah sholat idul adha dan langsung dibagikan ke warga warga yang membutuhkan.

Dalam khotbah Idul Adha, ustad Faturahman menyampaikan bahwa semoga pandemi covid 19 segera berakhir di belahan dunia manapun maupun terutama di Indonesia dan Bali khususnya. Tatanan ekononomi dan sosial masyarakat segera pulih dan normal sedia kala, tuturnya. (fan)


Bagikan Berita Ini
  • 18
    Shares


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here