Langkah Tito Jadikan Pilkada Gerakan Melawan Covid-19 Bagai Oase Di Padang Tandus

0
1284
Tito Karnavian Tegaskan Kalau Ada Petahana Bikin Konvoi Kerumunan Massa Saat Pendaftaran, Saya Tindak
Mendagri Tito Karnavian.
Bagikan Berita Ini
  • 53
    Shares

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Langkah Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat mengusung tema pilkada sebagai Gerakan Perlawanan Covid-19 mendapat banyak dukungan.

Apalagi, tema tersebut diyakini mendorong peserta pemilihan kepala daerah beradu strategi dan bertindak menekan penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Omnibus Law Dibahas Diam-Diam, KSPI Kutuk Keras Panja Baleg DPR

Dukungan itu datang dari Jaringan Islam Kebangsaan (JIK), yang merupakan wadah perkumpulan dai dan mubaligh di tanah air. Koordinator JIK Irfaan Sanoesi menilai bahwa ide mantan Kapolri itu patut didukung bersama karena akan memacu daerah-daerah all out menekan penyebaran corona.

Menurutnya, pengendalian penyebaran pandemik akan sulit ditangani oleh pemerintah saja karena sebagian urusan pemerintahan ada pada pemerintah daerah yang otonom.

BACA JUGA: Membanggakan, Pelajar Indonesia Sabet Medali Emas di Ajang IChO ke-52 di Turki

“Jadi ide menarik dan konkret Mendagri Tito Karnavian menjadikan Pilkada Serentak 2020 gerakan melawan Covid-19 seolah menjadi oase di padang tandus.” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (1/8).

“Ini bentuk nyata dari upaya mengubah ancaman jadi peluang,” sambung Irfaan.

Dia yakin dengan adanya tema tersebut, maka nanti para kontestan akan beradu gagasan dan tidak sekadar retorika dalam menangani Covid-19 dan danpak sosial ekonomi di daerah masing-masing.

BACA JUGA: Dipecat PAN, Warga Muhammadiyah Dukung Amien Rais Bikin Partai Baru

Untuk itu, para calon harus pandai memetakan problematika di daerah dengan permasalahan yang terjadi saat ini dan mengintegrasikan persoalan ekonomi dengan kondisi kesehatan masyarakat di tengah pendemik.

“Rakyat akan pilih calon kepala daerah yang paling responsif, solutif terhadap Gerakan Lawan Covid-19 ini, semua jenis kampanye akan diarahkan untuk lawan Covid-19. Jika itu terjadi, maka masa kampanye Pilkada Serentak 2020 akan jadi ajang kampanye akbar dan massif melawan COVID-19,” jelas Irfaan.(ra)


Bagikan Berita Ini
  • 53
    Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here