Jokowi Kecewa Penyerapan Anggaran Stimulus Penanganan Covid-19 Baru 20 Persen

0
1260
Jokowi Kecewa Penyerapan Anggaran Stimulus Penanganan Covid-19 Baru 20 Persen
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Bagikan Berita Ini
  • 36
    Shares

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa kecewanya melihat penyerapan anggaran stimulus penanganan Covid-19 masih 20 persen atau sekitar Rp 141 triliun dari total anggaran sebesar Rp 695 triliun.

BACA JUGA: PPATK Telusuri Aliran Transaksi Mencurigakan Jaksa Pinangki

“Saya melihat memang urusan realisasi anggaran ini masih sangat minim sekali dari Rp 695 triliun, stimulus untuk penanganan Covid-19, baru 20 persen terealisasi atau Rp 141 triliun. Yang terealisasi masih 20 persen, masih kecil sekali,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/8/2020).

Dia menjabarkan penyerapan yang paling besar baru di sektor perlindungan sosial sebanyak 39 persen. Penyerapan terbesar kedua di sektor program UMKM sebesar 25 persen. “Hati-hati ini,” tegas Jokowi.

BACA JUGA: Kurangi Dampak Sampah Plastik, Nyoman Parta Gagas Gerakan Tukar Sampah Dengan Beras

Kepala Negara mengingatkan penyerapan anggaran ini harus ditingkatkan karena pertumbuhan ekonomi nasional sangat bertumpu kepada pertumbuhan ekonomi di kuarta ketiga. Karena itu rem dan gas di bidang kesehatan dan ekonomi harus diperhatikan secara khusus.

“Yang berkaitan dengan rem dan gas di kuartal ketiga ini, urusan ekonomi yang berkaitan dengan konsumsi rumah tangga yang berkaitan dengan daya beli masyarakat,” ujar Jokowi.

Kritikan serapan anggaran stimulus penanganan Covid-19 juga pernah disampaikan Jokowi dalam ratas yang digelar pada 27 Juli 2020. Saat itu Jokowi mengkritik serapan anggaran tersebut baru mencapai 19 persen atau sebesar Rp 136 triliun.

BACA JUGA: Wujud Rasa Syukur, Global Qurban-ACT Bersama Komunitas Muslim Bali Dirikan Dapur Qurban

Jika saat ini Jokowi mengatakan serapan anggaran stimulus penangangan Covid-19 sudah mencapai 20 persen, maka artinya penambahan realisasi serapan anggaran tersebut dalam kurun waktu 27 Juli hingga 3 Agustus 2020 hanya satu persen saja.(ra)


Bagikan Berita Ini
  • 36
    Shares


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here