BP Jamsostek Denpasar Targetkan 14 Agustus, Begini Syarat Pendaftaran Karyawan Penerima BLT 600 Ribu

0
5408
BP Jamsostek Denpasar Targetkan 14 Agustus, Begini Syarat Pendaftaran Karyawan Penerima BLT 600 Ribu
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar Mohamad Irfan.
Bagikan Berita Ini

DENPASAR (TEROPONGMETRO) – Pemerintah berencana memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta untuk meringankan beban hidup mereka dari tekanan virus corona.

Menteri BUMN Sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, setiap karyawan yang gajinya di bawah Rp 5 juta per bulan bakal dapat bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan.

BACA JUGA: Bantu KUMKM Di Tengah Pandemi Covid-19, LPDB Gandeng Tiga BUMN

Bantuan itu merupakan stimulus ekonomi dari pemerintah yang diharapkan manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat, dan program bantuan tersebut sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan di bulan September 2020 ini.

“Bantuan tersebut, dibayarkan selama 4 bulan dan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan,” ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Kamis (6/8/2020).

BACA JUGA: Kasus Pasien Sembuh Dari Covid-19 Bertambah 15 Orang di Denpasar

Untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT), bisa simak keterangan resmi BPJS Ketenagakerjaan atau biasa di panggil BP Jamsostek Cabang Bali Denpasar.

Secara umum persyaratan penerima BLT adalah pekerja itu harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Status kewarganegaraan tersebut dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kedua, terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek yang masih aktif di program kepesertaan.

BACA JUGA: Perih! Wanita Ini Diduga Meremas Petugas Tes Swab, Saking Sakitnya?

Ketiga, peserta membayar besaran iuran berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai yang dilaporkan ke BP Jamsostek. Keempat, memiliki rekening bank yang masih aktif.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar Mohamad Irfan mengatakan terkait bantuan langsung tunai (BLT) atau subsidi upah kepada pekerja ini, memang saat ini pemerintah sedang memfinalisasi skema dan kriteria bantuan subsidi tersebut. Data pekerja yang digunakan berdasarkan data kepesertaan dari BPJAMSOSTEK dan lembaga lainnya.

BACA JUGA: Pengamat: Duet Anies-AHY Berpeluang Besar di 2024, Asal Anies Berlabuh ke Parpol Selain PDIP

Saat ini pihaknya sedang proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria tersebut. “Tugas kami mengumpulkan nomor rekening peserta, mekanisme selanjutnya ada di pemerintah. Kami hanya mengumpulkan nomor rekening saja”, kata Irfan sapaan akrabnya saat dihubungi teropongmetro.com, Selasa (11/8/20).

BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar telah melakukan percepatan pengumpulan data rekening peserta melalui perusahaan yang ditargetkan rampung hari Jumat 14/8/2020. Sampai dengan saat ini sdh terkumpul sebanyak 47.879 nomor rekening.

BACA JUGA: Bamsoet Berharap Kaum Perempuan Tingkatkan Kiprahnya di Politik

Untuk itu kami mengajak kepada seluruh peserta aktif BPJAMSOSTEK, yang memenuhi kriteria untuk menyampaikan nomor rekeningnya ke HRD di perusahaannya.

“Kami juga mengharapkan perusahaan ikut proaktif menyampaikan data rekening karyawannya untuk mendukung program pemerintah ini”, tegasnya.(up)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini