Golkar Dan Gerindra Koalisi Terbanyak Dengan PDIP di Pilkada 2020, Sementara PKS Paling Sedikit

0
3572
Golkar dan Gerindra Koalisi Terbanyak dengan PDIP di Pilkada 2020, Sementara PKS Paling Sedikit
Ilustrasi koalisi Partai Golkar dengan PDIP.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah resmi mengumumkan pasangan calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2020. Dari sekian pasangan yang diusung, Partai Banteng lebih banyak berkoalisi dengan Partai Golkar.

BACA JUGA: PDIP Resmi Umumkan 75 Calon Kepala Daerah untuk Pilkada Serentak 2020

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers virtual, Selasa, 11 Agustus 2020. Hasto juga mengungkapkan, partai yang paling sedikit berkoalisi dengan PDIP adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Yang paling sedikit dengan Partai Keadilan Sejahtera,” kata Hasto.

Ia menjelaskan, dalam menentukan pasangan calon kepala daerah oleh partainya, proses dimulai dari kepengurusan partai di tingkat paling bawah. Ia mengaku partainya membuka pintu bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri untuk bisa diusung PDIP sebagai bakal calon kepala daerah.

BACA JUGA: Gubernur Koster Terbitkan Pergub Tentang Tata Kelola Pariwisata Bali

PDIP, kata Hasto, juga membuka pintu koalisi dengan setiap partai politik yang ada di Indonesia. “Nanti kami akan umumkan bagaimana konfigurasinya setelah pengumuman pasangan calon gelombang keempat,” ungkapnya.

Selain dengan Golkar, PDIP diketahui banyak berkoalisi dengan Partai Gerindra. Contohnya di Tangerang Selatan, Solo, dan Medan. Kedua pihak kompak mengusung anggota keluarga Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Wali Nagari Tidak Mengakui, Gubernur Sumbar ikut mengukuhkan Parik Paga Nagari Muaro Paneh

Hasto tak menjawab apakah banyaknya koalisi dengan partai tertentu berkaitan dengan persiapan kerja sama untuk pemilihan presiden 2024. Ia hanya mengatakan PDIP saat ini fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi Pilkada 2020. (akh)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini