Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Bali Angkat Suara Terkait Penahanan Jerinx

0
5058
Pemuda Muhammadiyah Bali Angkat Suara Terkait Penahanan Jerinx
Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Bali, Yoga Fitrina Cahyadi.
Bagikan Berita Ini
  • 58
    Shares

DENPASAR (TEROPONGMETRO) — I Gede Arya Astina, pemilik akun IG @jrxsid resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas dugaan pelanggaran Pasal 28 ayat (2) UU ITE dan/atau Pasal 27 ayat (3) UU ITE mengenai ujaran kebencian dan pencemaran nama baik.

I Gede Arya Astina dilaporkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Bali atas postingannya yang menyebut IDI sebagai “kacung WHO” karena mewajibkan dilakukannya rapid test.

BACA JUGA: JMSI Sayangkan Vonis Majelis Hakim Wartawan Banjarhits.id

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Bali melalui Wakil Ketuanya Yoga Fitrana Cahyadi SH, MH di Denpasar (13/8/2020) berpendapat, penggunaan pasal pidana UU ITE untuk menjerat I Gede Arya Astina atas postingan yang dibuatnya sangat disayangkan.

Lebih lanjut, penahanan yang dikenakan terhadapnya tidaklah bijak untuk dilakukan. Adapun pernyataannya terhadap penanganan Covid-19 yang kontraproduktif perlu menjadi pemicu untuk menghadirkan diskursus publik yang lebih sehat, ketimbang menggunakan UU ITE untuk menjerat I Gede Arya Astina alias Jerinx.

“Pemuda Muhammadiyah Bali menyayangkan penahanan terhadap I Gede Arya Astina atau Jerinx, apa yang diungkapkan oleh Jerinx terkait WHO dan IDI adalah ekspresi publik atas situasi penanganan Covid19 saat ini,” ujar Yoga Fitrina Cahyadi.

BACA JUGA: Jajaran Bawaslu Diingatkan Terapkan Protokol Kesehatan Saat Awasi Tahapan Pilkada

Penahanan Jerinx sangat disayangkan dan cenderung mengarah kepada pengekangan kebebasan berekspresi di alam demokrasi.

Terkait permasalahan dengan Ikatan Dokter Indonesia sebaiknya ditempuh dengan jalur dialog intelektual, dan tidak menggunakan pasal-pasal karet dalam kehidupan berdemokrasi,” pungkas Yoga. (fan)


Bagikan Berita Ini
  • 58
    Shares


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here