Kader Muhammadiyah Berhasil Raih Gelar Doktor Filsafat Islam dari Cairo University

0
3364
Kader Muhammadiyah Berhasil Raih Gelar Doktor Filsafat Islam dari Cairo University
Kader Muhammadiyah Mesir Cecep Taufikurrohman berhasil melakukan Sidang Terbuka Disertasi di Fakultas Darul Ulum, Cairo University, pada Senin (31/8).
Bagikan Berita Ini

MESIR (TEROPONGMETRO) – Kader Muhammadiyah Mesir Cecep Taufikurrohman berhasil melakukan Sidang Terbuka Disertasi di Fakultas Darul Ulum, Cairo University, pada Senin (31/8).

Selain meraih gelar doktor Filsafat Islam, pria kelahiran Garut Jawa Barat ini juga berhasil meraih Summa Cum Laude (Martabat Syaraf Ula). Cecep sebelumnya telah menyelesaikan jenjang S1 di UIN Jakarta, S2 Al-azhar.

BACA JUGA: Politikus PKB Bentak Puan Maharani Saat Omongannya Dipotong Dan Tak Digubris

Penelitian yang dilakukan oleh Cecep yakni mengenai pemikiran keagamaan di Indonesia, juga perananan akidah sunni dalam menjaga peranan NKRI.

“Karena seperti yang kita liat banyak pihak ketiga yang membenturkan Islam dengan pancasila. Ini juga berkaitan pandangan Muhammadiyah kepada negara yaitu darul ahdi wa sayahadah,” tuturnya.

Akidah yang dianut umat Islam itu apakah merusak NKRI atau justru pondasi dari utuh dan bersatunya NKRI. Ini baru dan terkait isu-isu kekinian di tanah air.

BACA JUGA: Sekda Adi Arnawa Buka Sosialisasi Penilaian Kabupaten-Kota Tangguh Bencana

Cecep yang merupakan penasehat Pimpinan Cabang Istimewa Mesir ini berharap dapat berkontribusi di persyarikatan dalam bentuk apapun dan dalam peran apapun sesuai dalam kemampuan yang ada.

“Kami siap kontribusi dan mengabdi pada Islam lewat persyarikatan adalah kehormatan. Kami juga ingin berkontribusi terkait, pertama pengembangan kerjasama persyarikatan dengan Mesir atau dengan Al-azhar. Ada beberapa yang mungkin kedepan dapat terus ditingkatkan kerjasamanya sehingga semakin banyak kader persyarikatan yang kuliah di Al-azhar terutama bagi kader penerus ketarjihan,” jelasnya.

Cecep juga menjelaskan bahwa di mesir telah dibentuk rumah Ahmad Dahlan, yakni tempat mendidik kader-kader persyarikatan yang memproyeksikan mereka menjadi ulama Muhammadiyah.

BACA JUGA: Wapres Ma’ruf Sebut Kemiskinan di Indonesia Bakal Meningkat, Bisa Sama 2011

“Kader-kader Muhammadiyah nanti diharapkan kembali ke tanah air bisa mengaktifkan diri di Muhammadiyah di jenjang apapun sesuai dengan bidangnya. misalnya fiqih, atau ilmu syariah lainnya. Sehingga ulama-ulama baru tetap hadir di persyarikatan,” imbuhnya.

Sekadar diketahui Cecep pernah menjabat sebagai Ketua PCIM Mesir periode tahun 2006-2008, ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PCIM Mesir dan menjadi penasehat PCIM Mesir hingga saat ini.(bob)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini