Covid-19 Bisa Ditekan Jika Masyarakat Patuh Makai Masker

0
612
Covid-19 Bisa Ditekan Jika Masyarakat Patuh Makai Masker
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini
  • 13
    Shares

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Satuan tugas atauSatgas Covid-19kembali menekankan pentingnya menggunakan masker di area publik untuk mencegah paparan virus corona.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat ikut mengampanyekan penggunaan masker sebagai upaya melindungi diri dan orang lain.

BACA JUGA: DPR Minta KPU Siapkan Aturan Jika Cakada Gugur Karena Langgar Protokol Covid-19

Menurutnya, jika 75 persen penduduk di Indonesia patuh menggunakan masker, maka laju penambahasan infeksi baru Covid-19 bisa menurun.

“Agar kita melindungi, jangan sampai droplet yang keluar dari diri kita sendiri atau dari orang lain mengenai pihak lainnya. Jika lebih dari 75 persen penduduk patuh menggunakan masker, maka Covid-19 dapat turun secara drastis,” kata Wiku dalam jumpa pers di Kantor Presiden yang disiarkan secara virtual, Selasa (8/9/2020).

BACA JUGA: Profesor Malik Fadjar, Sosok Negarawan yang Langka

Ia menambahkan, hasil penelitian di Amerika menyebutkan bahwa penggunaan masker kain oleh 80 persen populasi akan mengurangi 34 – 58 persen penambahan kasus kematian. Hasil penelitian itu menyatakan bahwa penggunaan masker oleh minimal populasi tersebut sudah terbukti menekan peningkatan kasus baru dan kematian.

Wiku menambahkan bahwa Satgas Covid-19 menargetkan paling tidak penggunaan masker berkisar 70-75 persen dari populasi di Indonesia, sehingga akan menekan kasus Covid-19.

BACA JUGA: Semua Fraksi DPRD Denpasar Setujui Penetapan Dua Ranperda

“Mari kita buktikan, ini menjadi target kita bersama, karena kita ingin melindungi diri dan kita ingin melindungi negeri,” ucapnya.(ra)


Bagikan Berita Ini
  • 13
    Shares


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here