WHO Peringatkan Lonjakan Kematian Di Eropa

0
810
WHO Peringatkan Lonjakan Kematian Di Eropa
Seorang guru berbicara kepada siswa yang tiba di sekolah negeri pada hari pertama kelas untuk tahun ajaran baru di Valencia, Spanyol, Rabu (9/9/2020) di tengah pandemi virus corona. (Foto: AFP)
Bagikan Berita Ini
  • 18
    Shares

TEROPONGMETRO – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan Eropa akan terjadinya lonjakan kasus kematian harian Covid-19 per Oktober dan November 2020. Situasi itu merujuk kepada lonjakan kasus di kawasan itu baru-baru ini, meskipun jumlah kematian masih relatif stabil.

“Ini akan semakin sulit. Pada Oktober, November, kita akan melihat lebih banyak kematian,” kata Direktur Eropa WHO, Dr Hans Kluge, di Kopenhagen, Denmark, Senin (14/9/2020).

Kebangkitan kembali kasus Covid-19 di Eropa bagaimanapun akan menyebabkan peningkatan kematian setiap hari. “Ini adalah saat di mana negara-negara tidak mau mendengar kabar buruk ini, dan saya mengerti,” kata Kluge.

Menurutnya, dia ingin mengirimkan pesan positif bahwa pandemi akan berakhir pada suatu saat atau lainnya.

Jumlah kasus Covid-19 di Eropa telah meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir, khususnya di Spanyol dan Prancis. Pada Jumat (11/9), lebih dari 51.000 kasus dilaporkan di 55 negara anggota WHO Eropa, yang artinya lebih banyak dibandingkan puncak tertinggi pada April. Namun, jumlah kematian harian masih pada tingkat sama sejak awal Juni, yaitu sekitar 400-500 per hari terkait Covid-19.

Sebanyak 55 negara anggota WHO Eropa menggelar pertemuan daring pada Senin dan Selasa (15/9) untuk membicarakan tanggapan mereka terhadap virus corona dan menyetujui secara keseluruhan strategi lima tahunan. Dr Kluge memperingatkan mereka yang meyakini perkembangan vaksin akan membawa kepada akhir pandemi.

“Saya mendengar sepanjang waktu, vaksin akan menjadi akhir pandemi. Tentu tidak!” kata Kluge. (ra)


Bagikan Berita Ini
  • 18
    Shares


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here