Kasetpres Sebut Pemanggilan Calon Menteri Disesuaikan Dengan Jadwal Presiden

0
799
Kasetpres Sebut Pemanggilan Calon Menteri Disesuaikan Dengan Jadwal Presiden
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.
Bagikan Berita Ini

JAKARTA (TEROPONGMETRO) – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan pemanggilan calon-calon menteri masih menyesuaikan dengan jadwal kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pemanggilan calon menteri masih menyesuaikan waktu Bapak Presiden,” kata Heru Budi Hartono, Selasa (22/12/2020).

BACA JUGA: Dinas Perdagangan Denpasar Gelar Monitoring Harga Bahan Kebutuhan Pokok

Diungkapkannya, sampai saat ini agenda Presiden masih agenda rutin biasa. Belum ada jadwal adanya pertemuan antara calon menteri dengan Presiden.

“Hari ini agenda rutin saja. Belum ada jadwal untuk calon menteri. Jika ada tentunya akan diberitahu,” ujar Heru Budi Hartono.

Heru menegaskan bila sudah terpilih, maka para menteri baru akan diperkenalkan kepada publik oleh Presiden Jokowi.

“Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden, yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, bisa pagi atau siang,” terang Heru Budi Hartono.

BACA JUGA: Elektabilitasnya Untungkan Kandidat Pilkada, Demokrat Berharap AHY Berlaga di Pilpres

Sebelumnya, dikabarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memanggil beberapa calon menteri ke Istana. Hal ini semakin mempertegas adanya rencana reshuffle atau perombakan kabinet yang akan dilakukan pada Rabu Pon, tanggal 23 Desember 2020.

Kasetpres Heru Budi Hartono membenarkan hal tersebut. Rencananya pemanggilan para calon menteri akan dilakukan Presiden Jokowi, Selasa (22/12/2020).

“Besok (Selasa,red),” kata Heru Budi Hartono kepada Beritasatu.com, Senin (21/12/2020).

BACA JUGA: Pemkab Badung Gelar Pelatihan Pengelolaan Aset Daerah

Namun ketika ditanya nama-nama calon menteri yang akan dipanggil ke Istana oleh Jokowi, Heru enggan mengungkapkannya. “Besok saya kabarin ya,” ujar Heru Budi Hartono.

Berdasarkan informasi, ada enam kementerian yang kabarnya akan kena perombakan, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), Kementerian Sosial, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Siapa calon-calon menterinya, ada nama Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Juru Bicara Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional. Ia disebut akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan.

BACA JUGA: Nadiem Makarim Sebut Industri Jadi Sentral Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi

Kemudian ada nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang digadang-gadangkan akan menggantikan Juliari P Batubara sebagai Menteri Sosial.

Kemudian, posisi Menteri Agama juga akan diganti. Nama Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Stakuf dikabarkan akan menggantikan Fachrul Razi.

Tak hanya itu, muncul juga nama Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono yang akan mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan yang masih kosong.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Raih Penghargaan Sepatu Emas 2020

Selain itu, posisi Menteri Perdagangan juga disebut akan diganti. Nama Dubes RI di Amerika Serikat M Lutfi disebut akan masuk menggantikan Agus Suparmanto.

Selanjutnya, mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno diisukan akan menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (ra)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here