Mengenal Komjen Listyo, Mantan Ajudan Jokowi, Calon Kuat Kapolri

0
886
Kiai Syarkawi Bongkar Tindakan Calon Kapolri Listyo Sigit di Banten
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P) Trimedya Panjaitan mengatakan, ia mendengar bahwa nama calon Kapolri mengerucut pada nama Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono dan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. “Tapi enggak tahu, satu hari dua hari kan masih bisa manuver,” ujar Trimedya saat, Senin (11/1/2021).

Namun semakin santer berita yang menyebutkan, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kuat Kapolri. Bila sesuai rencana, Listyo Sigit akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun pada 1 Februari.

BACA JUGA: Bank Indonesia Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Listyo Sigit menjabat sebagai Kabareskrim Polri sejak 6 Desember 2019. Sebelumnya, Listyo sudah mengemban sejumlah jabatan penting selama berkarier di Polri.

Dekat dengan Jokowi

Listyo Sigit kerap dilekatkan dengan istilah geng solo. Ini bermula dari masa dinas Listyo Sigit yang pernah menjadi Kapolres Surakarta pada 2011. Saat itu, Jokowi masih menjabat sebagai wali kota. Mulai dari sana, Jokowi dan Sigit kerap berkomunikasi.

Listyo Sigit juga pernah menjadi Kapolres Pati pada 2009, Kapolres Sukoharjo pada 2010, Kapolresta Surakarta pada 2011, dan Kapolda Banten.

BACA JUGA: Pemerintah Perpanjang Larangan Masuk WNA Ke Indonesia

Ia pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014. Sebelum menjadi ajudan Jokowi, tahun 2013 ia bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Pria beragama Katolik ini lahir Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 ini juga pernah menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri tahun 2012. Lulusan Akpol angkatan 1991 tersebut kemudian menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri sejak 13 Agustus 2018.(ra)


Bagikan Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here