Syekh Ali Jaber Dikenal Ulama Yang Lembut Dan Pemersatu Umat

0
2376
Syekh Ali Jaber Dikenal Lembut Dan Pemersatu Umat
Syekh Ali Jaber.
Bagikan Berita Ini
  • 280
    Shares

TEROPONGMETRO – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan almarhum Syekh Ali Jaber memiliki jasa besar dalam dakwah. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kita sangat berduka atas wafatnya Syekh Ali Jaber,” kata Gus Yaqut kepada wartawan di Jakarta, Kamis (14/1).

Ia mendoakan almarhum agar senantiasa mendapat rahmat dan tempat terbaik di sisi Allah.

BACA JUGA: Jelang Vaksinasi Covid-19, Gubernur Bali Mengaku Takut dan Tegang

Menag mengatakan wafatnya ulama menjadi kehilangan besar bagi umat Islam dan masyarakat di Indonesia.

“Mereka adalah panutan umat, tempat masyarakat belajar agama. Selama ini, almarhum juga terus mengedukasi umat tentang pencegahan COVID-19,” kata dia.

Syekh Ali Jaber adalah seorang ulama dan pendakwah. Almarhum juga aktif sebagai juri dalam kompetisi hafalan Al Quran di Indonesia dan menjadi dai di beberapa stasiun televisi nasional.

Ulama kelahiran Madinah itu tutup usia pada Kamis pukul 08.30 WIB di RS Yarsi, Jakarta. Almarhum meninggal setelah sekian lama dinyatakan negatif dari COVID-19.

Ridwan: Satu Desa Satu Hafidz

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan ulama Syekh Ali Jaber menjadi inspirasi Provinsi Jabar dalam melahirkan Program Satu Desa Satu Hafidz Qur’an.

BACA JUGA: OTG Covid-19 Tidak Boleh Divaksinasi, Begini Alasan Wakil Menkes

“Insya allah akan kami teruskan di Jawa Barat, salah satunya inspirasi beliau adalah program Satu Desa Satu Hafidz Quran dan sekarang sudah lebih dari 2.000 desa di Jabar punya penghafal Al-Qur”an berdasarkan inspirasi beliau,” kata Ridwan Kamil, Kamis.

Kang Emil sosok Syekh Ali Jaber merupakan sekaligus ulama yang sangat lembut hatinya, termasuk dalam menyampaikan dakwahnya.

“Beliau (Syekh Ali Jaber) adalah guru kita semua, ulama kita semua yang sangat lembut hati, dakwahnya juga. Saya mendoakan mudah-mudahan husnul khotimah dan mudah-mudahan semua yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” kata dia.

“Saya terakhir bertemu di IG (Instagram) live membahas bagaimana akhlak almarhum menghadapi orang orang yang dzalim atau orang orang yang bertindak sebagaimana mestinya,” katanya.

BACA JUGA: KPK Jadwalkan Periksa Sekjen Kemensos Terkait Kasus Dugaan Suap Bansos

Kang Emil mengatakan mendapatkan pelajaran berharga dari Syekh Ali Jaber, yakni bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu dan tanpa akhlak, sepintar apapun seseorang tidak akan berarti.

“Semoga beliau menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu. Akhlak harus didahulukan dibandingkan ilmu, itu pelajaran yang saya ambil dari almarhum,” kata dia.

Mahfud MD: Penyejuk

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD merasa kehilangan atas meninggalnya Syekh Ali Jaber. “Kita kehilangan tokoh penyejuk dan pemersatu umat. Ulama besar Syekh Ali Jaber wafat hari ini,” kata Mahfud dalam akun Twitternya.

Menurut Mahfud, Syekh Ali Jaber menjadi penyambung aspirasi antara umat dan pemerintah. “Beliau adalah sahabat baik saya. Karena rendah hati, beliau memanggil saya “Guru” atau “Ayah”,” tulis Mahfud.

“Beliau menghadiahi tasbih, kurma pilihan, buku doa, parfum khas aroma Ka”bah,” kata Mahfud.

Khofifah: Kharismatik

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenang Syekh Ali Jaber sebagai sosok ulama yang kharismatik, dermawan dan sangat peduli dengan para penyandang disabilitas.

BACA JUGA: Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Syekh Ali Jaber Wafat

“Saat saya menjadi Menteri Sosial, almarhum beberapa kali datang ke Salemba untuk berdiskusi tentang penyandang disabilitas, khususnya akses Al Quran digital bagi penyandang disabilitas netra,” katanya.

Gubernur Khofifah juga mengenang almarhum Syekh Ali Jaber tidak berhenti berikhtiar mengajak masyarakat untuk berinfak guna menyiapkan Al-Quran digital bagi para tuna netra. “Sampai sebelum pandemi COVID-19 , beliau juga keliling Jawa Timur, memberikan pencerahan dan pencerdasan yang selalu membawa kesejukan,” ujarnya. (akh)


Bagikan Berita Ini
  • 280
    Shares



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here