Jika Tudingan Radikal GAR ITB Tidak Terbukti, Pemuda Muhammadiyah: Bisa Di Pidanakan

0
2691
Jika Tudingan Radikal GAR ITB Tidak Terbukti, Pemuda Muhammadiyah: Bisa Di Pidanakan
Ketua PWPM Bali, Moh. Syobri.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pengaduan Gerakan Anti Radikalisme Institut Teknologi Bandung (GAR ITB) terhadap Prof Din Syamsuddin ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) harus didasari bukti.

Demikian penegasan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Bali, M. Syobri, merespon pelaporan tokoh Muhammadiyah, Prof. Din Syamsuddin oleh GAR ITB, kepada teropongmetro.com, Sabtu (13/2).

BACA JUGA: Jusuf Kalla Pertanyakan Caranya Mengkritik Pemerintah Tapi Tanpa Ditangkap Polisi

“Tudingan dari GAR ITB itu tidak berdasar karena tidak didukung dengan alat bukti. harus ada bukti-bukti yang mendukung kebenaran materiil,” demikian kata Syobri, Sabtu (13/2).

Syobri mengatakan, kalau ternyata tudingan pada mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu tidak terbukti, maka GAR ITB bisa dijerat dengan hukum pidana dan dilaporkan ke polisi. setidaknya pelapor dari unsur GAR ITB bisa dijerat dengan pasal pencemaran nama baik.

“Jika tidak terbukti maka dapat dilaporkan dengan pencemaran nama. Kami berkeyakinan kelompok yang menamai diri dengan GAR ITB adalah proxy asing, yang sedang bekerja dalam upaya memecah belah bangsa Indonesia. Prof. Din Syamsuddin merupakan tokoh muslim dunia dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dalam aspek keagamaan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pajak Mobil Dihapus: Bulan Depan, Harga Mobil Baru Agya dari Rp161 Juta menjadi Rp96 Juta

Syobri menambahkan, Prof. Din Syamsuddin adalah tokoh muslim dunia. Tuduhan radikal tersebut sangat sulit diterima oleh nalar yang objektif. “Kelompok yang menamai diri GAR ITB ini kekurangan referensi terkait Prof. Din Syamsuddin. Jangan sampai kelompok ini mencederai nama besar ITB. Kampus ITB harus menjelaskan kelompok ini. Ini liar atau memang bagian dari civitas ITB,” katanya.

Syobri menegaskan ulang, jangan sampai kelompok GAR ITB yang tidak jelas ini menghadapkan ITB dengan keluarga besar Muhammadiyah, terutama Pemuda Muhammadiyah. Prof. Din Syamsuddin, mantan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Ini akan mencoreng perjalanan bangsa kedepannya,” tegasnya M.Syobri.

BACA JUGA: Muhammadiyah, NU, dan MUI Sepakat Din Syamsuddin Bukan Tokoh Radikal

Laporan GAR ITB tertulis pada surat dengan nomor 05/Lap/GAR-ITB/X/2020 tertanggal 28 Oktober 2020, tentang Laporan pelanggaran Disiplin PNS atas nama terlapor Prof. Dr.. H.M. Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D.

Selain itu ada laporan dengan surat nomor 10/Srt/GAR-ITB/I/2021 tertanggal 28 Januari 2021, terkait Hukuman disiplin PNS a/n Prof. Dr. H.M. Sirajuddin Syamsuddin, M.A. Ph.D. (din)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini