Mensos Akan Coba Lelang 9 Mobil, 27 Motor dan 50 Batang Emas

0
3077
Mensos Akan Coba Lelang 9 Mobil, 27 Motor dan 50 Batang Emas
Menteri Sosial Tri Mensos Tri Rismaharini saat memeriksa mobil yang akan dilelang.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau keberadaan barang hadiah, termasuk Rolls-Royce dan Mercedes-Benz, yang akan segera dilelang Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu korban bencana. Bu Risma menegaskan bahwa ia akan menempuh prosedur perundang-undangan, sebelum melakukan lelang barang tersebut.

“Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Sudah pernah dilelang dulu, tetapi ketentuannya kan harus ada periode 6 bulan,” kata Bu Risma di Jakarta Selasa (23/2).

BACA JUGA: Kunjungan Jokowi ke NTT Picu Kerumunan Warga, Begini Kata Pemda Sikka

Ia mengatakan secara total akan ada sembilan mobil yang dilelang oleh Kementerian Sosial. Selain itu, ada pula 27 motor hingga 50 batang emas dengan harga yang bervariasi. Barang-barang ini didapatkan Kemensos dari undian yang tidak tertebak. Rolls Royce Ghost misalnya, didapat dari Batik Air pada 2016.

“Ya kita lelang umum itu harga perolehannya ini Rp 8,3 miliar harga perolehan saat tahun itu, nanti kita lihat hasil lelangnya,” katanya.

Kemensos melalui Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu sebelum melakukan lelang terhadap barang hadiah yang masih tersimpan di gudang. Barang-barang tersebut, termasuk beberapa unit mobil, merupakan hadiah tidak tertebak (HTT) atas penyelenggaraan undian gratis berhadiah yang digelar oleh pihak swasta.

BACA JUGA: Menkeu Sebut Penerimaan Pajak Penghasilan Merosot Karena Pengangguran Naik

Total terdapat lebih dari 300 item barang hadiah yang disimpan rapi Kemensos. Di antara barang-barang tersebut adalah mobil Rolls-Royce, dan Mercedes Benz.

Pernah Dilelang

Mobil Rolls-Royce milik Kemensos RI pernah dilelang dua kali, yaitu pada November 2019 dan Desember 2020. Namun, mobil Rolls-Royce dengan tipe Ghost 2012 ini belum laku dilelang atau dengan status Tidak Ada Penawar (TAP).

“Jadi sampai saat ini kendaraan itu disimpan di Kementerian sosial,” kata Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Kementerian Sosial (Kemensos) Hotman beberapa waktu lalu.

Hotman mengatakan, harga lelang untuk mobil Rolls-Royce pada November 2019 senilai Rp 6 miliar. Namun, kata dia, tidak ada penawar sehingga kembali dilelang pada Desember 2020 dengan harga Rp 3,6 miliar.

BACA JUGA: Pemerintah Pusat dan Daerah Buka Lowongan 1,3 Juta CPNS

Sementara itu, untuk mobil Mercedes-Benz, Hotman mengatakan belum bisa menyampaikan tipe dan harga lelangnya karena mobil tersebut baru akan diusulkan untuk dilelang.

Lebih lanjut, Hotman mengatakan, Menteri Sosial Tri Rismaharini akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan untuk menaksir kembali harga lelang mobil Rolls-Royce.

Ia mengatakan, untuk mengajukan lelang, Kemensos harus kembali berkoordinasi dengan Kemenkeu. Sebab, sesuai aturannya ada jarak enam bulan untuk kembali melakukan lelang.(mat)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini